Andi Sidak Pelayanan Adminduk Disdukcapil

0
1385
Andi Sidak Pelayanan Adminduk di Disdukcapil
Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kantor pelayanan Adminduk itu, Senin (12/8/2019). Dalam sidak ini, Andi didampingi Asisten II Setda Jepara Mulyaji dan Kabid Komunikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Arif Darmawan.

Jepara – Keluh kesah masyarakat soal pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pelayanan Sipil (Disdukcapil) direspon oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi. Orang nomor satu di Jepara itu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kantor pelayanan Adminduk, Senin (12/8/2019).

Dalam sidak ini, Andi didampingi Asisten II Setda Jepara Mulyaji dan Kabid Komunikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Arif Darmawan.

Sidak itu dilakukan Andi, lantaran  ingin mengetahui sendiri kondisi pelayanan Adminduk di Disdukcapil. Benar saja, meskipun saat ini pelayanan sudah dibagi untuk masing-masing beberapa kecamatan setiap harinya, toh nyatanya antrian untuk pelayanan Adminduk masih cukup tinggi. Akibatnya, suasana panas jika bahkan banyak pengantre yang tidak kebagian tempat duduk masih banyak didapati. Untuk Senin (12/8/2019) ini merupakan jatahnya Kecamatan Donorojo, Pecangaan, Pakisaji dan Welahan.

Dian Kristiandi sidak kantor disdukcapil Jepara
Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi berkomunikasi langsung kepada masyarakat yang sedang melakukan pengurusan adminduk di Disdukcapil Jepara.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyempatkan untuk berkomunikasi langsung dengan warga maupun petugas pelayanan Disdukcapil.  Sudihandoyo, warga Welahan mengaku datang sejak habis subuh untuk mendapatkan pelayanan akte kelahiran, namun hingga pukul 10.30 WIB, namanya belum juga dipanggil. “Sejak pagi sudah datang tapi belum juga dipanggil. Saya berharap segera dibenahi dan pelayanannya dibuat di kecamatan saja agar lebih dekat,” katanya.

Petugas Disdukcapil Jepara sedang melayani masyarakat yang sedang mengurus adminduk.
Petugas Disdukcapil Jepara sedang melayani masyarakat yang sedang mengurus adminduk.

Dian Kristiandi menyampaikan, jika pelimpahan kewenangan pelayanan Adminduk ke tingkat kecamatan sedang disiapkan. Penyiapan itu terkait sumberdaya manusia (SDM), sarana prasarana baik perangkat lunak maupun keras. “Saat ini sedang kita siapkan untuk rencana itu. Tahun depan mudah-mudahan bisa terlaksana,” kata Andi.

Kesiapan SDM maupun perangkat lainnya dilakukan, lantaran sesuai dengan regulasi yang ada, kewenangan untuk menerbitkan Adminduk seperti KTP El, menjadi wewenang Disdukcapil. “Kebutuhan untuk perangkat sudah dihitung oleh dinas teknis. Toh sebenarnya perangkatnya dulu sudah pernah punya untuk masing-masing kecamatan, tinggal kita perbarui lagi,” tandasnya.

Lebih lanjut Andi mengungkapkan jika sejauh ini yang cukup panjang antreannya yakni pelayanan KTP el. Sedangkan untuk pelayanan adminduk lainnya relative lebih lancar. Andi juga mewacanakan untuk pengurusan akte kelahiran bisa dilakukan oleh pihak puskesmas atau bidan dimana bayi dilahirkan. “Selama ini yang cukup parah kan KTP el, sedangkan yang lain masih relative baik. Mudah-mudahan dengan pelimpahan ke kecamatan nanti bias semakin memudahkan masyarakat,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here