Dian Kristiandi
Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara.

Bupati Apresiasi Program dan Capaian Baznas Jepara Periode 2015 -2020

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara yang telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.1,56 milyar di semester pertama tahun 2020 dari total target Rp 3 Milyar. Pengumpulan dana tersebut bersumber dari zakat, infaq dan sedekah (ZIS). Hal ini disampaikan oleh Ketua Baznas Jepara Masun Duri saat audiensi dengan Bupati Jepara Dian Kristiandi di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020).

Saat audiensi, Masun Duri turut bersama denganh Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Ahmad Mustofa dan Wakil Ketua Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Noor Arifin pada Baznas Jepara. Hadir juga Kabag Kesra Setda Jepara Suhendro.

Noor Arifin, Wakil Ketua Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Baznas Jepara mengatakan, di semester pertama 2020 sudah mencapai 50 % atau sebesar Rp.1,56 milyar. ‘’ Tahun ini target kami sebesar Rp 3 Milyar, dan Alhamdulillah semester pertama ini telah mencapai 50%,’’ Ungkapnya.

Arifin menjelaskan, tahun 2019 lalu Baznas Jepara berhasil mentasharufkan (mendistribusikan) dana zakat sebesar Rp 3,1 milyar. Tahun ini untuk zakat ditargetkan bisa mengumpulkan Rp.2,6 milyar sedangkan sedekah sebesar Rp.600 juta.

“Tahun lalu sebenarnya kita mengumpulkan 2,6 milyar. Tetapi ada saldo dari tahun sebelumnya yang belum disalurkan sehingga total lebih dari 3 milyar yang kita distribusikan,” lanjut Arifin.

Lebih lanjut Arifin mengungkapkan jika Baznas Jepara  kini juga menginisiasi program-program pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan dari kemiskinan. Dana yang dikelola oleh Baznas, katanya, memang sebagian besar akan digunakan untuk ekonomi produktif dari pada konsumtif.  Kini yang sudah berjalan, lanjutnya, yakni budidaya lele dan usaha warung mie ayam.

“Untuk budidaya lele alhamdulilah sudah berjalan dengan baik dan sudah terbentuk paguyuban di Jepara,” lanjutnya.

Baca Juga :  Akademisi dan Pemerhati Lalu Lintas Jepara Menolak Revisi UU Lalu Lintas

Dalam kesempatan itu, Ketua Baznas Jepara Masun Duri juga menyampaikan jika kepengurusan Baznas akan berakhir tahun ini. Untuk itu, pihaknya melaporkan kepada Bupati agar segera dibentuk tim atau panitia pembentukan untuk kepengurusan Baznas  Jepara periode 2020-2025 mendatang.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi program-program dan capaian yang telah dilakukan oleh kepengurusan Baznas periode 2015-2020 yang akan segera berakhir. “Kami sampaikan terima kasih atas kinerjanya selama ini,” kata Andi.

Meskipun demikian, Bupati meminta agar Baznas terus meningkatkan penerimaan dana ZIS di Kabupaten Jepara. Selain itu, juga memberikan edukasi dan pemahaman serta menggugah kesadaran masyarakat agar mau mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah.

“Yang penting juga penyaluran dan pengelolaan dana juga harus dilakukan dengan baik sehingga bisa memiliki nilai tambah secara ekonomi,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati menyarankan agar Baznas Jepara bekerjasama dengan OPD teknis di Kabupaten Jepara untuk melakukan pendampingan kegiatan produktif yang diberikan kepada masyarakat. “Dananya berasal dari Baznas, tetapi pendampingan SDM-nya bisa dilakukan oleh OPD terkait sehingga semuanya bisa sinergi,” tandas Bupati Andi. (JHI-FR)

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *