Bupati Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi menggelar rapat bersama Forkopimda Kabupaten Jepara.

FKUB Jepara Rekomendasikan Gereja di Dermolo Bisa Dibuat Ibadah

JEPARA – Setelah melewati beberapa rapat, akhirnya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jepara merekomendasikan ditempatinya Gereja Injil di Tanah Jawa (GITJ) di Desa Dermolo sebagai tempat ibadah. Sebelumnya, gereja yang berada di Kecamatan Kembang itu selama kurang lebih 18 tahun telah terjadi konflik yang tak kunjung usai.

Rekomendasi itu tertuang dalam Surat Keputusan FKUB bernomor 006/SP/FKUB-JPR/I/2021 tertanggal 4 Januari 2021. Dan ditandatangani oleh ketua FKUB Jepara Mashudi. Melalui surat itu, FKUB merekomendasikan status bangunan yang berdomisili di RT 02/RW 06 Dukuh Dombang, Kecamatan Kembang yang memiliki IMB Nomor 648/150 tertanggal 9 Maret 2002, sebagai tempat ibadah (gereja) sah dan secara resmi dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Selain itu, FKUB Jepara meminta kepada Kepala Kemenag Jepara menyampaikan pendapat sesuai amanat SKB Nomor : 1/1969 tentang pendirian GITJ Desa Dermolo mendasarkan pada surat keputusan FKUB.

Kemudian, FKUB juga memohon kepada Bupati Jepara untuk menerbitkan surat keputusan tentang keabsahan pemanfaatan GITJ Dermolo sebagai rumah ibadah (gereja) sah. Dan secara resmi dapat digunakan sebagaimana peruntukannya.

Untuk menciptakan iklim sejuk di masyarakat, FKUB juga meminta kepada Camat Kembang, Petinggi, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat untuk mengamankan surat keputusan itu.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi, mengatakan masih akan mengkaji referensi-referensi dari berbagai pihak. Antara lain terkait kondisi riil lapangan, hasil rapat koordinasi Forkopimda, keputusan FKUB dan Koordinasi dengan organisasi masyarakat.

”Jadi nanti akan mengedepankan hukum menjadi pijakan. Rekomendasi-rekomendasi akan menjadi referensi,” tegas Andi usai rapat lanjutan tentang gereja itu, Senin (18/1/2021). (JHI-FQ)

Baca Juga :  Hari Ketiga,Tim SAR Terus Mencari Nenek Asal Nalumsari yang Hanyut

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *