Horog – Horog Kuliner Khas Jepara

Horog - horog Jepara

Horog - Horog merupakan salah satu kuliner khas dari kabupaten Jepara

JEPARA – Horog – horog merupakan salah satu makan khas dari Kota Ukir Jepara yang melegenda. Dengan nama yang unik ini, horog – horog memiliki tekstur yang kenyal, memiliki warna putih bening serta ciri khas rasanya sedikit asin dan gurih. Namun, makanan ini memberikan kenikmatan tersendiri bagi yang menyukai nya. Bahkan, jika anda sudah lama tidak menikmatinya pasti akan merasa kangen untuk menyantap nya.

Makanan yang terbuat dari tepung sagu ini bisa dikatakan termasuk jenis makanan yang sudah langka. Horog – horog kebanyakan bisa kita nikmati dan ditemukan di daerah Kabupaten Jepara. Jarang sekali bahkan hampir tidak ada diluar kota Jepara bisa mendapatkan makanan warisan nenek moyang masyarakat Bumi Kartini ini.

Meski tergolong makanan yang merakyat dan harganya tidak banyak menguras isi kantong, bahkan bisa dikatakan murah, makanan ini biasanya mudah didapatkan di pasar – pasar tradisional seputar Jepara dengan harga per bungkus Rp 2.000 saja. Kemasan saat kita membeli horog – horog juga masih sangat tradisional dan klasik, biasanya dibungkus dengan menggunakan daun jati ataupun dari daun pisang. Hal inilah yang membuat makanan asli Jepara ini semakin sedap saat dinikmati.

Menikmati horog – horog ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun akan terasa lebih nikmat jika dipadukan dengan jenis makanan lain. Kebanyakan masyarakat Jepara, seringnya menyandingkan horog – horog dengan bakso, sayur pecel, sate cecek atau sate kikil, soto, dan lain lain. Kalau anda sendiri lebih suka makan horog – horog sama apa?

Jadi penasaran kan nikmatnya seperti apa? Bagi anda yang sedang berkunjung ke Jepara, Jawa Tengah, kayaknya wajib mencicipi salah satu kuliner tradisional ini. Kalau di perkotaan, anda bisa mendapatkan horog – horog di warung makan bakso atau pecel. Hampir setiap penjual bakso dan pecel dikawasan kota menyediakan horog – horog sebagai makanan pendamping. Atau kalau anda ingin menikmati berbagai macam kuliner tradisional Jepara lainnya, anda juga bisa berkunjung ke PSK ( Pasar Sore Karang Randu ) yang berada di Desa Karangrandu Kecamatan Pecangaan Jepara. ( JHI/FR )

Exit mobile version