Perangi Sampah Bersama Agar Pantai Karimunjawa Terjaga Keindahannya

KARIMUNJAWA – Puluhan warga Karimunjawa bersama Pemerintah Desa beserta Muspika Karimunjawa dan wisatawan lokal maupun asing melakukan gerakan bersih sampah di Pantai Legon Lele Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Kamis (12/10/2017).

“Kita perangi sampah bersama-sama biar pantai di Karimunjawa terjaga kebersihannya, alamnya juga tetap lestari. Alam ini kan bukan hanya kita saja yang menikmati, tapi juga untuk anak cucu kita kelak,” ungkap Djati Utomo (33) selaku koordinator gerakan bersih sampa juga Ketua Yayasan Pitulikur Pulo kepada Jeparahariini.com.

Djati menjelaskan, dipilihnya lokasi pantai Legon Lele yang berada di sebelah timur Karimunjawa ini karena sampah disana menggunung dan terlihat kotor sekali.

“Alasan lain kami gelar aksi bersih sampah ini agar wisatawan bisa nyaman saat berwisata di Karimunjawa. Kalau pantainya bersih kan wisatawan jadi betah,” terangnya.

Wisatwan asing berpartisipasi bersih sampah di Pantai Legon Lele Karimunjawa

Lebih lanjut Djati menuturkan, banyaknya sampah rumah tangga seperti plastik, kayu, dan juga daun-daunan di Pantai Legon Lele ini disebabkan karena adanya musim timuran beberapa waktu lalu. Tumpukan sampah terbawa saat arus musim timuran dan menumpuk disana.

Tak adanya TPA terpaksa sampah dibakar

” Sampah yang terkumpul kemudian dibakar. Sebenarnya berbahaya, namun karena selama ini di Karimunjawa tidak ada TPA untuk menampung sampah jadi akhirnya kita bakar saja. Untuk sampah berupa pecahan kaca, dibawa pulang karena bisa berbahaya kalau ditinggal,” ujarnya.

Selain berwisata, turis mancanegara juga aktif membersihkan sampah di Karimunjawa

Gala Nieves salah seorang turis asal Spanyol mengaku senang bisa berbaur bersama masyarakat Karimunjawa dengan melakukan bersih sampah. Dia juga berpesan kepada siapa saja untuk saling menjaga alam sekitar serta tidak membuang sampah semabrangan|
.

” Saya berharap aksi ini harus selalu ada. Memang harus ada kesadaran dari dalam diri untuk ingat bahwa buang sampah sembarangan itu tidak baik,” kata Gala Nieves.

Kegiatan bersih sampah ini merupakan agenda rutin yayasan Pitulikur Pulo yang sudah sering kali dilakukan, bekerja sama dengan para pelaku wisata, HPI Karimunjawa, paguyuban biro wisata Karimunjawa, anggota TNI, anggota polisi, Syahbandar, PHRI, Transkarimunjawa, DLH dan beberapa turis asing Perancis dan Spanyol.

Comments

comments

Leave a Response