Dian Kristiandi
Mahasiswa KKN Undip, Nando Bersama Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Nando, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Dan Berdayakan Penerapan Protokol Kesehatan di Kehidupan Sehari-Hari

JEPARA – Kampanye untuk menerapkan protokol kesehatan ditengah masyarakat tidak akan optimal jika hanya dilakukan oleh pemerintah. Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ini juga harus didukung dan dilakukan oleh berbagai kalangan, tak terkecuali oleh mahasiswa. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Ilham Fernando Kristiandi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP Semarang yang melakukan KKN Pulang Kampung di Desa Srobyong Kecamatan Mlonggo, Jepara.

Nando, sapaan akrab mahasiswa fakultas kedokteran ini mengedukasi warga RT 1 RW 2 Desa Srobyong Kecamatan Mlonggo untuk menerapkan protokol kesehatan saat melakukan ibadah di Mushola Nurul Iman.

“Tadi kami bantu fasilitasi perlengkapan semampunya. Namun yang lebih penting lainnya yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujar Nando, baru-baru ini.

Pasca mendapatkan sosialisasi ini, Fernando berharap warga bisa mematuhi proktokol kesehatan dalam berkehidupan, baik kegiatan perekonomian maupun ibadah. “Kami berharap protokol kesehatan diterapkan di masyarakat di masa new normal ini,” tandas Nando.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari pengurus Mushola Nurul Iman Rifan Nur Susanto. Menurut pria yang akrab di sapa Gus Mujon ini, warga memang perlu mendapatkan sosialisasi mengenai Covid-19 ini.

Jepara
Penerapan physical distancing di mushola Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo.

“Penerapan protokol kesehatan seperti rajin cuci tangan ini sejalan dengan ajaran agama untuk bersuci atau thaharah. Untuk itu kami apresiasi dan sampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang memberikan edukasi kepada kami,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan jika pencegahan dan penanganan Covid-19 ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip yang ikut mengedukasi masyarakat terkait virus ini.

Baca Juga :  SMPN 6 Hadiahi Siswa Motor Jika Raih Nilai UN Tertinggi

“Penerapan protokol kesehatan harus menjadi sebuah kebutuhan. Sebab, selama vaksinnya belum ditemukan, maka mau tidak mau kita akan terus berdampingan dengan virus ini. Padahal di satu sisi kita harus tetap berkegiatan. Untuk itu kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi sebuah kebutuhan untuk memutus rantai penyebarannya,” jelasnya.

Selain memberikan edukasi kepada warga sekitar untuk menerapkan protokol kesehatan di mushola, Fernando dalam kesempatan sebelumnya juga ikut memberikan sosialisasi penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada pedagang Pasar Tawar Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo bersama dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Mlonggo. Dalam kesempatan itu, juga dilakukan rapid diagnostic tes (RDT) kepada 50 pedagang di pasar desa itu.

Mahasiswa KKN
Rapid diagnostic test bersama satgas covid-19 dan kepala puskesmas Mlonggo.

 

 

Oleh : Ilham Fernando Kristiandi/Fakultas Kedokteran/Kedokteran Umum

Dosen Pembimbing : Ir. Hermin Werdiningsih, MT

 

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *