Hati-Hati, Banyak Modus Penipuan Mengaku Menemukan Barang Hilang

437

JEPARA – Masyarakat saat ini harus waspada terhadap berbagai bentuk penipuan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Modus penipuan yang saat ini marak terjadi adalah adanya oknum yang mengaku menemukan barang atau kendaraan yang hilang di Jepara. Ada saja cara penipu untuk mengeruk keuntungan dan memanfaatkan kesusahan orang lain.

Salah seorang warga Jepara yang tidak ingin disebutkan namanya AQ mengaku, ditelpon orang tidak dikenal dengan nomor 082338742360. Penelpon tersebut mengaku bahwa motor matic sesuai dengan ciri-ciri milik AQ yang hilang bulan Agustus lalu ditemukan oleh penelpon.

” Pagi ini ditelpon orang tidak dikenal katanya namanya Jaka Fernanda, mengaku menemukan motor saya. Berkali – kali dia (penelpon) menghubungi saya, tapi dalam obrolannya ada yang aneh dan tidak masuk akal,” ungkap AQ kepada Jepara Hari Ini, Rabu (05/09).

Lanjut, AQ menjelaskan, saat diajak untuk ketemuan, penelpon tersebut mengiyakan, namun selang beberapa waktu, penelpon tersebut kembali menghubungi AQ dan meminta uang tebusan senilai Rp 2 Juta. Setelah uang ditransfer, motor dijanjikan akan dikembalikan dan dikirim langsung kerumah AQ. Disinilah AQ merasa janggal dan curiga.

” Berhubung saya gak ada uang 2 Juta, saya bilang kepenelpon kalau adanya hanya 1,2 Juta. Namun penelpon tadi bilang tidak masalah dengan uang segitu, dan kurangnya bisa dicicil selama sebulan. Disitulah saya kembali merasa ada yang tidak beres,” jelasnya.

Kemudian, AQ kembali dihubungi penelpon dan mengaku jika ingin motornya segera dikirim kerumah, pihaknya diminta untuk segera mentransfer uang seadanya dulu. Lalu, AQ dikirimi nomer rekening BCA 2530055844 a/n Jaka Fernanda.

” Merasa ada yang janggal, lalu saya coba untuk browsing nama dan nomer rekening yang dikirimkan kesaya. Ternyata benar, nama dan nomer rekening tersebut sudah banyak dishare di forum grup maupun di blog internet. Banyak korban yang pernah ditipu oleh Jaka Fernanda tersebut,” ungkapnya.

Tak lama kemudian AQ kembali ditelpon oleh orang yang mengaku Jaka Fernanda tersebut. Namun, AQ langsung saja mengatakan kepenelpon agar jangan sekali-kali menipu orang yang sudah terkena musibah dan segeralah bertaubat agar tidak kena karma.

” Setelah saya bilang seperti itu, telponnya langsung dimatikan. Semoga pengalaman ini bisa dijadikan pengalaman dan kewaspadaan untuk yang lain, agar lebih berhati- hati dalam segala bentuk penipuan. Cek dan ricek dulu kebenarannya,” pungkasnya.

Total 0 Votes
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Comments

comments

Tidak ada Komentar on "Hati-Hati, Banyak Modus Penipuan Mengaku Menemukan Barang Hilang"

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *