Puncak Pesta Lomban Jepara 2018 Hari Sabtu

JEPARA – Puncak sedekah laut Pesta Lomban Jepara tahun ini jatuh pada hari Sabtu (23/06/2018).

Berbagai rentetan kegiatan acara diselenggarakan sejak Jumat (22/06/2018). Pagi hari, acara dimulai dengan mengarak kerbau yang dilakukan di TPI Ujung Batu menuju ke RPH. Dilanjutkan, pada Jumat sore yakni dengan ziarah ke makam Cik Lanang Bulu dan Mbah Ronggo di Ujung Batu dengan melibatkan Disparbud, kecamatan Jepara dan Kelurahan Ujung Batu.

Malam harinya, diselenggarakan wayangan semalam suntuk di TPI Ujung Batu Jepara.

Basuki Wijayanto selaku Kepala Disbudpar Kabupaten Jepara mengatakan, pada Sabtu pagi merupakan puncak acara Pesta Lomban 2018. Pada saat Sedekah Laut Pesta Lomban ini, maka kepala kerbau akan dilarung ke laut sebagai manifestasi rasa syukur masyarakat atas rejeki yang dilimpahkan Tuhan.

” Prosesi pelarungan akan dimulai pukul 07.00 WIB dari dari TPI Ujung Batu dan akan berakhir di Pantai Kartini Jepara. Dengan diikuti puluhan kapal nelayan beserta rombongan Bupati Jepara bersama Forkopinda,” ungkapnya.

Sesampainya di Pantai Kartini juga akan diselenggarakan Festival Kupat Lepet yang akan menjadikan Pesta Lomban semakin meriah. Nantinya gunungan kupat dan lepet tersebut bisa diperebutkan masyarakat.

” Diharapakan, kegiatan ini bisa semakin semarak dan meriah. Tahun ini kami mengusung tagline ‘Ayo Lelumban Ning Jeporo’,” terangnya.

Comments

comments

Leave a Response