Jepara Ourland Park
Jepara Jateng
Kepala BPKAD Kabupaten Jepara Ronji, memberikan keterangan kepada awak media.

Pemerintah Gelontorkan Rp 105 miliar Untuk Penanganan Pandemi

JEPARA – Pandemi Covid-19 masih belum usai. Hal itu memaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara untuk kembali menggelontorkan dana atau refokusing anggaran bagi penanganan pandemi.

Berdasarkan data Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara, Ronji, menyebutkan bahwa dari Rp 105 miliar itu, sebesar Rp 30,7 miliar dipotong oleh pemerintah pusat melalui pos Dana Alokasi Umum (DAU). Artinya, alokasi ini akan ditarik oleh pemerintah pusat. Sedangkan, untuk penanganan pandemi di Jepara sendiri, anggarannya sebesar Rp 74,3 miliar.

Ronji mengungkapkan, alokasi paling besar yaitu pada bidang kesehatan. Dalam hal ini di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dengan alokasi sebesar Rp 39,2 miliar.

”Paling banyak memang untuk vaksinasi. Itu berada di bawah kewenangan DKK Jepara,” jelas Ronji, Selasa (30/3/2021).

Kemudian, lanjut Ronji, untuk sosialisasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara mendapat gelontoran anggaran sebesar Rp 473 juta. Sementara itu, sisanya sebesar Rp 34,6 miliar dialokasikan untuk Biaya Tak Terduga (BTT), yang sebelumnya hanya Rp 10 miliar saja.

”BTT dianggarkan banyak karena lebih luwes. Artinya, kalau ada kebutuhan kekurangan vaksin misalnya, itu bisa diambilkan dari BTT,” ujar dia.

Terkait dengan pemulihan ekonomi, pihaknya mengutarakan bahwa itu sudah dianggarkan di masing-masing dinas. Yang sebenarnya sudah berjalan sebelum adanya refokusing ini.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi, menjelaskan bahwa dalam proses refokusing ini pihaknya tegak lurus dengan aturan pemerintah pusat. Antara lain yaitu dengan memotong anggaran-anggaran hibah dan infrastruktur yang tidak begitu menjadi prioritas utama.

”Kita sudah susun refokusing itu. Sebentar lagi nanti kita jalankan,” terang Andi. (JHI/FQ)

Baca Juga :  Pohon Besar Berumur Ratusan Tahun di Petilasan Ratu Kalinyamat Tumbang

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *