Bupati Jepara

Pemkab Jepara Belum Anggarkan Biaya Vaksinasi

JEPARA – Pemerintah pusat telah mengintruksikan agar pemerintah daerah (Pemda) menganggarkan khusus untuk vaksinasi. Namun, hingga kini sikap Pemkab Jepara belum jelas terkait anggaran yang akan digelontorkan untuk itu.

Diketahui, pemerintah pusat meminta kepada pemda untuk mensukseskan proses vaksinasi melalui distribusi dan operasional lapangan.

Menanggapi hal ini, Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan belum menganggarkan spesifik untuk proses vaksinasi. Sebab, belum ada regulasi dari pemerintah pusat yang mengatur hal itu.

”Kalau memang diberikan regulasi (untuk penganggaran vaksinasi, red) kami akan mengikuti,” tegas Andi, Rabu (20/1/2021).

Jika pemerintah mendesak untuk menganggarkan proses vaksinasi itu dalam waktu dekat, Andi mengatakan akan menggunakan pos anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) tahun 2021. Adapun nilai BTT tahun ini hanya Rp 10 miliar.

”Pengalihan anggaran kan ada mekanismenya. Jadi tunggu saja regulasi dari pemerintah pusat. Sementara penganggaran dari pos BTT kalau memang diharuskan,” imbuh dia.

Pihaknya menegaskan akan mengikuti intruksi pemerintah pusat terkait penganggaran vaksinasi. Hal itu sama saja dengan ketika tahun lalu memerintahkan pemda untuk melakukan refokusing APBD.

Diberitakan sebelumnya, proses vaksinasi di Kabupaten Jepara bakal dilaksanakan pada awal Februari mendatang. Hingga kini, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara telah menyiapkan berbagai keperluan vaksinasi.

Untuk tahap pertama, vaksinasi akan dilakukan kepada tenaga kesehatan (nakes). DKK juga sudah mengusulkan sebanyak 4.786 dosis vaksin sinovac kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Batu Bara Berhamburan di Pantai Sekembu

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *