Ratusan Mahasiswa KKN Unisula Semarang Diterima Bupati Jepara

JEPARA – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi didampingi Camat Mayong Rini Patmini dan perwakilan kepala desa, menerima secara langsung kedatangan 202 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode III Tahun 2017/2018. Ratusan mahasiswa yang diterima langsung oleh bupati di Pendopo Kabupaten Jepara Senin (27/11) tersebut akan mengabdikan diri kepada masyarakat di desa yang berada di Kecamatan Mayong.

Bupati Ahmad Marzuqi, saat memberikan sambutan pada penerimaan mahasiswa Unissula Semarang di Pendapa pagi itu, berharap kepada para peserta KKN untuk memaksimalkan diri. “Meskipun bisa dikatakan kegiatan ini hanya sebentar (1 bulan –pen) namun ada banyak sekali manfaat yang akan diperoleh,” ujarnya.

Dikatakan bagi perguruan tinggi, program KKN tidak saja penting sebagai implementasi dari fungsi pengabdian kepada masyarakat tetapi juga untuk mendekatkan institusi perguruan tinggi dengan masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan amanat pasal 20 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

Sementara itu bagi mahasiswa, KKN merupakan wahana yang sangat strategis untuk mengembangkan kemampuan seperti dalam berkomunikasi, kerjasama tim, organisasi dan lain-lain termasuk mengembangkan kemampuan keterampilan dan intelektualitas. “Mengingat manfaat besar tersebut, maka saya yakin akan terjadi simbiosis mutualisme antara perguruan tinggi, mahasiswa, pemerintah daerah dan masyarakat,” tutur Ahmad Marzuqi.

Lebih lanjut ia mengatakan program KKN sangat membantu dalam sosialisasi percepatan pembangunan daerah. Harapannya semua elemen memberikan dukungan dan fasilitas yang proporsional. “Untuk itu kepada seluruh petinggi dan cmat di lokasi KKN, beserta jajaran dinas/instansi terkait, agar memberikan dukungan dan fasilitas yang proporsional terhadap pelaksanaan KKN ini,” imbuh Bupati.

Sementara itu Rektor Unissula Semarang Anis Malik Thoha menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Jepara atas sambutan serta bersedia menerima dengan baik untuk melaksanaan KKN di Kabupaten Jepara. “KKN ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya, selain untuk penelitian sekaligus sebagai pengabdian masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan dengan kegiatan KKN ini, dapat meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat serta membantu pemerintah dalam membina, mengembangkan daerah sehingga program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dapat dilaksanakan bersama dengan lembaga pendidikan.

Comments

comments

Leave a Response