Mas Andi Jepara
Plt Bupati Jepara melaksanakan penanaman pohon dalam peringatan HPSN 2020 Jepara di Pantai Blebak, Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo, Minggu (23/02/2020).

Peringati HPSN 2020, Masyarakat Lakukan Bersih Pantai dan Tanam Pohon

JEPARA – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara bersama dengan pemerintah Desa Sekuro Mlonggo menggelar bakti sosial bersih pantai dan penanaman pohon disekitar objek wisata Pantai Blebak, Desa Sekuro Mlonggo, pada Minggu (23/02/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, Sekretaris Daerah Jepara, Kepala DLH Jepara, Kepala BPDB Jepara, jajaran pemerintah Desa Sekuro, berbagai komunitas dan masyarakat umum.

PLT Bupati Jepara Dian Kriatiandi berharap, agar kesadaran masyaarakat untuk mengelola sampah harus dimulai dari lingkungan terdekat. Para orang tua juga harus membiasakan anak-anaknya untuk membuang sampah pada tempatnya.

” Untuk para petinggi juga harus bisa menjadi motor penggerak bagi warganya untuk menjaga kebersihan lingkungannya dari sampah,” harapnya.

Plt Bupati Jepara menjelaskan, kini sudah saatnya sampah tidak boleh dipandang sebelah mata. Sampah juga bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai guna. Ini langkah nyata untuk merubah paradigma  pengelolaan sampah yang mulai  dari lingkungan darat hingga  kawasan pesisir.

 “Kesadaran masyarakat harus terus kita bangun untuk memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun pemerataan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Andi menambahkan, Di Kabupaten Jepara, setiap harinya menghasilkan sekitar 1.380 ton sampah. Seiring pertumbuhan penduduk, keberadaan timbulan sampah ini akan semakin bertambah. “Jika kesadaran masyarakat masih kurang serta pengelolaannya belum komprehensif dan sinergis, maka persoalan sampah akan akan sulit diurai dan menjadi persoalan turun-temurun bagi anak cucu kita,” ungkapnya.

Indonesia kui menjadi negara dengan jumlah pencemaran plastik ke laut terbesar kedua di dunia. Berdasarkan data dari BPS, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. 3,2 juta ton diantaranya dibuang ke laut. Dari jumlah itu, terdapat 85 ribu ton sampah berjenis plastik. Data Bank Dunia juga menyebut jika 87 kota di pesisir Indonesia turut memberikan kontribusi membuang sampah ke laut sekitar 1,27 juta ton.

“Kita juga mengandalkan pariwisata pantai, untuk itu kebersihan juga harus dijaga. Jika pantainya bersih tentu pengunjungnya juga akan betah dan meningkat jumlahnya,” katanya.

Sementara itu, Petinggi Desa Sekuro Ali Shokib mengungkapkan, untuk pengelolaan sampah pihaknya sudah menyiapkan beroperasinya bank sampah. Selain itu, total ada sepuluh motor roda tiga pengangkut sampah yang disiagakan. Pihaknya juga mencanangkan jika maksimal lima tahun depan depan, Sekuro mencanangkan untuk bebas dari sampah. “Termasuk pengelolaan sampah di Pantai Blebak ini menjadi tanggung jawab kita,” jelasnya.

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *