Prihatin Sampah Menggunung, Mahasiswa dan Pemuda Jepara Bersihkan Pantai Pailus

Pantai Jepara Bersih

Peserta sedang memunguti sampah yang menumpuk di Pantai Pailus, Selasa (16/3/2021).

JEPARA – Tumpukan sampah yang menghalangi pemandangan indah Pantai Pailus menjadikan keprihatinan bagi mahasiswa dan pemuda Jepara. Untuk itu, mereka dengan suka rela memunguti sampah di sepanjang pantai yang berada di Kecamatan Mlonggo itu.

Muhammad Syaifur Roqib, koordinator lapangan sekaligus koordinator Tim KKN Unisnu Kelompok 8, mengatakan bahwa aksi bersih-bersih pantai itu dilatarbelakangi adanya sampah yang menggangu keindahan pantai.

Dalam aksi menjaga lingkungan itu, Roqib menggandeng sejumlah komunitas milineal. Seperti Matarna Unisnu, Twitter Jepara, IPNU-IPPNU Karanggondang, DKAC Mlonggo, dan Santri Amtsilati Pailus. Selain itu, dirinya juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara.

”Kelestarian lingkungan, terutama pantai, adalah tanggung jawab bersama. Kebetulan kami sedang KKN di sini. Jadi bisa ikut menjaga lestari nya Pantai Pailus. Biar pengunjung nyaman saat menikmati keindahan pantai ini,” kata Roqib, Selasa (16/3/2021).

Roqib menyebut, pada aksi bersih-bersih Pantai Pailus ini, sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai satu truk ATV. Sampah-sampah dengan ragam jenis disingkirkan dari kawasan pantai.

Sementara itu, Rektor Unisnu Sa’dullah Assa’idi, sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan mahasiswanya itu. Pihaknya menyatakan bahwa aksi bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari program KKN yang mesti dijalankan mahasiswa.

Melalui aksi tersebut, Sa’dullah berharap agar masyarakat, utamanya pengunjung dan warga setempat bisa meneruskan upaya menjaga kelestarian Pantai Pailus.

”Ini sangat baik untuk dijalankan bersama-sama. Bahwa menjaga kelestarian alam adalah tanggung jawab bersama,” tutur Sa’dullah. (JHI-FQ)

Exit mobile version