Ratusan Keping Koin China Ditemukan Petani Kaligarang

Jepara

Ratusan keping koin yang diduga sebagai cagar budaya ditempatkan sementara di Museum Kartini Jepara.

JEPARA – Ratusan keping koin yang diduga peninggalan kuno ditemukan seorang petani di lahan perhutani Desa Kaligarang, Kecamatan Keling. Koin-koin tersebut masing-masing bertuliskan huruf China.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Ida Lestari, mengatakan bahwa koin-koin itu ditemukan oleh Muhammad Asri. Salah satu petani yang bekerja di perhutani setempat.

Saat mencangkul tanah, kata Ida, Asri tak sengaja mendapati guci kecil berisikan ratusan koin tersebut. Ratusan koin itu diduga cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi.

”Uang keping itu ditemukan bulan Maret lalu. Namun baru diserahkan ke Disparbud kemarin (24/3/2021),” jelas Ida, Kamis (25/3/2021).

Saat ini, ratusan uang keping tersebut berada di Museum Kartini Jepara. Kondisi koin-koin sudah berkarat dan saling menempel. Rencananya, besok pagi akan dibawa ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Klaten untuk diteliti lebih lanjut.

”Dibawa ke BPCB Klaten untuk diteliti apakah itu benar cagar budaya atau tidak,” terang Ida.

Ida menjelaskan, penemuan benda-benda yang diduga cagar budaya di Jepara sangat banyak. Namun, kebenaran cagar budaya atau tidak itu, perlu penelitian lebih jauh. Misalnya terkait usia dan keaslian benda-benda itu.

Pihaknya memperkirakan, di area tersebut dan beberapa wilayah terdekat dengan penemuan itu, masih ada banyak benda-benda peninggalan kehidupan masa lalu. Hanya saja, tidak sembarang orang bisa menemukannya. (JHI/FQ)

Exit mobile version