Bupati Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Upah Naik, Pemerintah Tak Khawatir Investasi Turun

JEPARA – Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jepara tahun 2021 mendatang naik 3,2 persen. Kenaikan tersebut dinilai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara tidak berpengaruh dengan iklim investasi yang ada.

Diketahui, berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah tanggal 20 November Nomor 561/61 Tahun 2020 tentang UMK, memutuskan bahwa UMK Jepara yang sebelumnya terpaut di angka Rp 2.040.000 naik menjadi Rp 2.107.000.

Diberitakan sebelumnya, serikat Buruh Kabupaten Jepara menuntut upah minimum kota (UMK) pada 2021 sesuai kebutuhan hidup layak (KHL). Berdasarkan survei oleh serikat buruh, KHL Jepara mencapai Rp 2.400.000. Bahkan, UMK Jepara dinilai paling rendah jika dibandingkan Kabupaten Demak, Kudus, atau Semarang.

Dari hasil rapat dengan dewan pengupahan saat itu, Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menyampaikan, dari hasil rapat dewan pengupahan, dia menyimpulkan kenaikan UMK sebesar Rp 67.000, yaitu dari Rp 2.040.000 menjadi Rp 2.107.000. Kenaikan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Usulan ini tidak mengikuti Surat Edaran (SE) Nomor M/11/HK.04/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang tidak mengalami kenaikan.

Menanggapi kenaikan upah ini, Bupati Jepara Dian Kristiandi menganggapnya sebagai sebuah kewajaran. ”Kita mengakomodir teman-teman buruh. Pengusaha pun mengikuti keputusan gubernur. Bahkan saat rapat dengan dewan pengupahan pun mereka ikut,” kata Andi.

Sementara itu, terkait dengan kekhawatiran kemungkinan iklim investasi yang terganggu akibat naiknya UMK, pihaknya menilai di kota-kota lain juga terjadi kenaikan upah. Untuk itu, Andi menganggap iklim investasi di Jepara tidak akan begitu terpengaruh dengan kenaikan upah itu. (JHI-FQ)

Baca Juga :  UMK Jepara Disepakati Rp 1,35 Juta

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *