Vaksinasi di Jepara Dilakukan Awal Februari

Dkk Jepara

DKK Jepara melakukan swab onside belum lama ini.

JEPARA – Awal bulan Februari mendatang, pemerintah kabupaten Jepara akan menjalankan vaksinasi Covid-19. Berbagai persiapan bahkan sudah dilakukan untuk menyukseskan upaya mengendalikan virus itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara M Fachrudin memastikan rencana vaksinasi diawali pada Februari nanti. “Vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac awal Februari. Saat ini dibutuhkan berbagai persiapan supaya lancar,” kata Fachruddin, Kamis (14/1/2021).

Pihaknya menjelaskan, persiapan yang saat ini dilakukan adalah sosialisasi kepada masyarakat. Fachrudin juga masih harus melakukan pengecekan pada perlengkapan pendukung. Utamanya pada kesiapan tenaga vaksinator dan kesediaan fasilitas kesehatan.

Pihaknya menambahkan, tahap pertama proses vaksinasi, Fachrudin mengusulkan sebanyak 4.786 dosis vaksin terhadap Pemprov Jateng. Tahap pertama itu akan diperuntukkan bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan (nakes).

“Karena selama ini yang berkutat di garis depan (menghadapi pandemi) adalah temen-temen nakes. Mereka dilindungi awal agar ada imun (kekebalan) terhadap Covid-19. Sehingga mereka bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,” beber Fakhrudin.

Para nakes yang menerima vaksin, rencananya akan disuntik sebanyak dua kali. Dengan rentan waktu selama 14 hari. Sehingga diharapkan, tahap pertama vaksinasi di Jepara bisa langsung tuntas.

“Februari selesai. Maret diharapkan bisa bisa untuk tahap dua,” imbuhnya.

Diketahui, ribuan dosis vaksin Sinovac dari Pemerintah Pusat kini telah berada di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Jateng. Hari ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng bahkan sudah disuntik vaksin itu. (JHI-FQ)

Exit mobile version