Jepara Ourland Park
Bantuan UMKM Langsung Ditransfer kepada Penerima
Kepala Diskopukmnakertrans memberikan keterangan terkait pencairan bantuan UMKM.

Bantuan UMKM Langsung Ditransfer kepada Penerima

JEPARA – Dinas Koperasi UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Jepara mengaku tidak menerima limpahan wewenang terkait pencairan bantuan presiden (banpres) untuk para pelaku UMKM. Sebab bantuan berupa uang senilai Rp 2,4 juta akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima.

Menurut S, salah satu pelaku UMKM asal Kecamatan Kedung, dia sudah mendapatkan transfer uang senilai Rp 2,4 juta melalui BRI. Namun, uang tersebut belum bisa dicairkan. Setelah melakukan konsultasi dengan BRI, pihak bank mengatakan bahwa uang tersebut memang belum bisa dicairkan segera. Sebab, masih ada tahap verifikasi lagi yang dilakukan oleh BRI.

“Sudah ada transferan senilai Rp 2,4 juta. Oleh BRI itu dipastikan merupakan bantuan UMKM. Tapi belum bisa dicairkan,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Diskopukmnakertrans Jepara Eriza Rudi Yulianto, menekankan bahwa pencairan bantuan tersebut tidak melewati dinasnya. Pihaknya hanya diberi tanggung jawab untuk melayani pendaftaran peserta bantuan UMKM.

“Info cair tidak melalui dinas. Kami hanya melayani pendaftaran saja,” ujar Eriza kepada Jeparahariini.com, Jumat (2/10/2020).

Terkait dengan persoalan yang dialami S, Eriza mengatakan bahwa pemerintah pusat memang mentransfer uang tidak berbarengan. Artinya, data-data masuk yang sudah terverifikasi dan layak menerima bantuan, akan langsung ditransfer bantuannya.

“Yang saya tahu nanti akan dilayani manual. Yang belum punya rekening akan dibuatkan oleh BRI. Kami akan melacak laporan tersebut,” jelas Eriza.

Sementara itu, beberapa hari lalu pihaknya sudah mengajukan pelaku UMKM sebanyak 41.947 usaha. Namun, ada beberapa lembaga lain yang mengajukan data. Seperti PNM sekitar 34 ribu UMKM. Meskipun demikian, pihaknya memastikan tidak akan terjadi dobel penerima. Kalaupun terjadi, pemerintah pusat akan langsung memverifikasi. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Turun Harga , Penjualan Pertamax Meningkat Drastis

About admin JHI

4 comments

  1. Semoga petugas/pendata tidak pilih kasih.

  2. kalau rokoknya di amankan tapi pabriknya tdk di tutup ya percuma saja karena akan trs produksi .apakah tiap hari akan oprasi rokok ilegal trs?

  3. kakak admin mohon .untuk kususnya di kota jepara ini menetapkan tgl dan bulan untuk #STOPMEROKOK

  4. Saya min belum dapat bantuan BLT / UMKM mimin, surodadi jepara jawah tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *