Bekas Galian C di Clering Jadi Tempat Wisata Baru
Suasanan wisata tebing Ragastina yang menjadi spot favorit untuk berswafoto.

Bekas Galian C di Clering Jadi Tempat Wisata Baru

JEPARA – Dalam beberapa bulan terakhir, muncul objek wisata baru di Desa Clering, Kecamatan Donorojo. Yaitu tebing bekas Gunung Ragastina yang dikeruk untuk diambil material-materialnya.

Tebing-tebing kapur berwarna cokelat keputihan menjulang tinggi terlihat dari jalan utama perbatasan Kecamatan Donorojo dan Kabupaten Pati. Terik panas membuat tebing-tebing itu nampak mengkilap. Di hadapan tebing tersaji danau-danau kecil. Jika dilihat dari kejauhan, airnya berwarna hijau kebiruan.

Sujoko, Sekertaris Desa Clering, menjelaskan bahwa lokasi wisata tersebut dulunya merupakan gunung yang dikeruk sebuah perusahaan asal Surabaya. Gunung itu dikeruk sejak tahun 1990-an. “Pengerukannya sejak tahun 90an. Dan akan berakhir Januari tahun depan,” kata Sujoko, Rabu (7/10/2020).

Rencananya, kata dia, lokasi ini akan dijadikan wisata desa. Pihak desa juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan untuk memanfaatkan lahan tersebut. Sementara itu, pihak perusahaan juga menyetujui keinginan masyarakat setempat.

Sujoko mengaku, Tebing Ragastina sudah ramai dikunjungi wisatawan. Terutama pada akhir pekan. “Tempat ini jadi spot favorit buat pre wedding. Akhir pekan paling ramai,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno, sangat mendukung rencana masyarakat Desa Clering dalam pengembangan wisata alam itu. Meskipun demikian, pihaknya menyarankan agar pengelola menyelesaikan dulu urusan terkait pertahanan itu.

“Ini sangat cocok menjadi wisata alam. Ini seperti di luar-luar daerah yang mampu menyerap banyak wisatawan. Saya mendorong ini menjadi wisata unggulan yang bisa menghasilkan pemasukan bagi masyarakat,” tutur Pratikno. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Jepara Rawan Bencana Peringkat 15 di Jateng

About admin JHI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *