BPBD dan SAR Pastikan Tak Ada Korban Jiwa serta Bangunan Rubuh Akibat Gempa Jepara

JEPARA – Gempa 5 SR telah mengguncang wilayah Jepara dan dirasakan getarannya di sebagian daerah di Jawa Tengah. Namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Jepara menyatakan tidak ada korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang diakibatkan gempa pada Jumat (23/10) dinihari tadi .

” Sementara ini tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. kami masih melakukan pemantauan dan juga berkoordinasi dengan pihak pihak terkait terutama kepada kepala desa dan camat se kabupaten Jepara untuk memberikan informasi didaerah masing masing ,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Jepara Lulus Supriyanto pada Jumat (23/10/2015).

Sementara itu Ketua SAR Jepara, Totok Setyanto menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang pasca terjadinya gempa  . Karena saat ini hasil pantauan dari tim SAR di berbagai daerah di Jepara tidak berdampak serius .

” Sampai saat ini Jepara dalam kondisi kondusif dan tidak ada kejadian hingga memakan korban, bangunan rumah roboh serta air laut naik ,” Ungkap Totok .

Totok juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai tentang adanya pemberitaan ataupun gambar gambar yang diposting di media sosial akan adanya bencana di daerah Donorojo ataupun di wilayah Benteng Portugis . Didalam gambar tersebut tertulis beberapa korban meninggal serta bangunan rumah roboh akibat gempa yang terjadi pada Jumat sekitar pukul 01.10 dini hari tadi .

” Gambar gambar tersebut tidak benar,kami harapkan untuk masyarakat yang sering online untuk tidak merepost dan menyebar luaskan gambar serta pemberitaan tersebut , karena banyak masyarakat di luar Jepara yang mempunyai keluarga di kampung halaman menjadi resah karena adanya gambar gambar tersebut .” Terang Totok .

Diinformasikan BMKG sebelumnya , bahwa gempa berkekuatan 5 skala richter itu berpusat di 26 km timur laut Jepara . Namun gempa yang terjadi selama kurang lebih 15 detik itu tidak berdampak adanya gempa susulan maupun menimbulkan tsunami.

Baca Juga :  Desa Gedangan Welahan Dilanda Banjir

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *