Covid-19 Jepara
Salah satu pengunjung pasar Mindahan diswab paksa oleh petugas lantaran tak pakai masker.

Jepara Kembali Masuk Zona Merah, Masyarakat di Swab Paksa

JEPARA – Kabupaten Jepara kembali menjadi zona merah persebaran virus Covid-19. Untuk menekan semakin banyaknya kasus, Satgas Covid-19 Jepara melakukan razia masker dan memaksa mereka yang tak bermasker untuk di swab.

Pagi tadi, Selasa (22/12/2020), Satgas Covid-19 bersama Satpol PP dan pihak kepolisian menggelar razia masker di Pasar Mindahan, Kecamatan Batealit. Petugas menyisir seluruh sudut pasar. Sejumlah pengunjung pasar yang kedapatan tak bermasker dicekal. Tapi tak sedikit pula yang berhasil kabur.

Mereka yang berhasil dicekal langsung dibawa petugas menuju titik pengambilan swab. Sebanyak 29 orang dipaksa menjalani swab antigen di tempat. Metode swab antigen ini cukup cepat dalam mendeteksi reaktif atau non reaktif nya sampel. Tak kurang dari satu jam hasil swab sudah bisa diketahui. Dari 29 orang yang di swab, seluruhnya dinyatakan non reaktif.

Juru bicara Satgas Covid-19, Moh Ali menegaskan akan melakukan razia serupa di manapun terdapat kerumunan. Terutama di pasar-pasar yang banyak ditemui warga tak menjalankan protokol kesehatan.

”Kami menyebutnya swab onside. Jadi siapapun yang tidak mengenakan masker langsung kami swab,” tegas Ali.

Sebelumnya, razia dengan swab di tempat ini merupakan peningkatan upaya satgas dalam menekan angka kasus di Jepara. Diharapkan, masyarakat akan lebih jera dibandingkan dengan razia masker yang tidak dibarengi dengan swab di tempat.

Didik, salah satu warga setempat, mengaku lupa tak membawa masker. Padahal, kata dia, biasanya ia selalu mengenakan masker kemanapun dia pergi.

”Ini saya lupa bawa masker. Biasanya selalu pakai. Beruntung tadi di swab hasilnya non reaktif,” ujar Didik. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Anggaran Dropping Air Bersih Mendesak Untuk Ditambah

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *