Komunitas Rumah Kartini Berpartisipasi dalam Jagongan Media Rakyat 2014

JEPARA – Salah satu komuintas yang bergelut dalam bidang sejarah tentang Jepara , yakni Komunitas Rumah Kartini . yang berada di  jalan KH Moliki 02 Pengkol Jepara , Selama 4 hari dari 23 – 26 Oktober berpartisipasi dalam kegiatan Jagongan Media Rakyat ( JMR ) 2014 .  Acara yang digelar di Jogja National Museum ini dengan tujuan  untuk mengumpulkan beberapa kelompok penggiat media, khususnya media komunitas untuk saling bertukar pikiran serta sharing antar komunitas . .

Seniman sekaligus penggagas komunitas Rumah Kartini, Muhammad Afif Isyarobbi ( Apeep ) mengatakan , dalam acara dua tahunan yang diselenggarakan oleh Combine Resource Institution itu , Komunitas Rumah Kartini diundang langsung untuk memaparkan sejarah dari R.A Kartini  . ” Kami membawa beberapa dokument sejarah serta 48 foto foto dari R.A Kartini dan keluarganya untuk kita pamerkan serta menceritakan sejarah dari R.A Kartini ,” ungkapnya .

Lebih lanjut Apeep menjelaskan , selain sharing  sejarah tentang Pahlwan Emansipasi Wanita dari Jepara  itu , pihaknya juga sharing sejarah yang lain tentang Jepara meliputi sejarah Gunung Muria, Rumah Sakit Kusta yang berada di Donorojo, daerah pesisir Bondo serta kepulauan Karimunjawa , ” dalam acara ini kami memberikan edukasi history kepada pengunjung pameran , agar para pengunjung pameran mengenal lebih jauh tentang Jepara melalui sejarah ,” tutur seniman yang hobi menggambar itu .

Apeep menambahkan , Pameran yang disemarakkan dengan 55 lokakarya dan diskusi, dua seminar nasional, 30 pameran komunitas dan lembaga, serta puluhan pameran dan pertunjukan seni.di ikuti sekitar 40 komunitas sosial & lembaga sosial di Jateng – DIY ini mendapat antusias positif dari pengunjung .Hal ini menunjukan besarnya ketertarikan masyarakat untuk mempelajari sejarah , serta ingin melestarikan warisan budaya Indonesia . ” Tidak hanya dari kota kota yang ada di Jawa , para pengunjung yang berasal dari luar Jawa seperti Makassar dan beberpa kota besar dari Sulawesi juga ikut berpartisipasi,  karena mereka ingin belajar dan mengetahui lebih jauh tentang sejarah ,” pungkas Apeep .

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *