Karimunjawa
Konservasi Penyu di Taman Nasional Karimunjawa

Masyarakat Karimunjawa Sudah Siap Buka Pariwisata Kembali

KARIMUNJAWA – Pemerintah memunculkan wacana untuk membuka kembali objek wisata Karimunjawa. Untuk itu, masyarakat setempat sudah mempersiapkan sejumlah hal supaya tidak menimbulkan klaster baru Covid 19.

Camat Karimunjawa Nor Soleh, mengungkapkan pihak pemerintah memang berencana untuk membuka kembali objek wisata di Karimun Jawa. Bahkan, pemerintah pusat sudah menyurvei dan memberi lampu hijau pembukaan wisata di sana.

”Beberapa waktu lalu pihak Taman Nasional dari pusat sudah menyurvei. Dan sudah dapat izin untuk buka,” kata Soleh kepada,  Jeparahariini.com, Jumat (28/8/2020).

Namun, kata dia, pihaknya masih menunggu keputusan dari gubernur Jawa Tengah terkait pembukaan wisata tersebut. Sementara itu, bupati Jepara juga sudah menyurati gubernur Jawa Tengah terkait hal itu.

Soleh menambahkan, pembukaan kawasan wisata Karimunjawa merupakan permohonan dari pelaku wisata dan masyarakat setempat. Sebab, sejak bulan Maret lalu, mereka tidak bisa memperoleh penghasilan dari sektor pariwisata. Sebab, pemerintah memang menutup semua akses masuk pulau tersebut.

Selama masa pandemi, untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok, masyarakat terpaksa kembali menjalani profesi lama. Yaitu sebagai nelayan. Sebab, kata Soleh, hampir tidak ada jalan lain untuk tetap hidup selain kembali melaut.

Untuk mendukung visi pemerintah dalam memutus peredaran Covid-19, pihaknya bersama warga setempat dan pelaku wisata sudah menyiapkan segala kebutuhan protokol kesehatan. Seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan penyiapan hand sanitizer di titik-titik tertentu tempat wisata.

”Alhamdulillah kami sudah mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Sudah dilihat phak taman nasional juga. Kami tinggal menunggu gubernur saja,” imbuh Soleh. (JHI-FQ)

Baca Juga :  “Sideka” Jauhkan Desa Dari Keterasingan

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *