Bansos jepara
Login di situs dtks.kemensos.go.id untuk cek penerima bansos.

Mulai Besok Pagi, Warga Bisa Ambil Bansos Kemensos di Kantor POS

JEPARA – Masyarakat Jepara yang tercatat sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementrian Sosial (Kemensos) RI mulai besok pagi bisa mengambil haknya. Mereka bisa mengambil bantuan itu di kantor POS masing-masing kecamatan.

Ketua Satgas BST Kemensos Jepara, Heppy Pomy Andi Rizanto mengatakan mulai besok pagi seluruh cabang kantor POS yang berada di setiap kecamatan mulai menyalurkan bantuan. Namun, untuk Kantor Pos Cabang Jepara kota, penyaluran akan dilaksanakan pada Senin (11/1/2021). Nilai bantuan yang diterima warga sebesar Rp 300 ribu.

”Nilainya Rp 300 ribu. Informasi terakhir bantuan ini akan berlangsung sampai April mendatang (4 bulan, red),” terang Heppy, Jumat (8/1/2021).

Pihaknya menyebutkan, jumlah penerima BST Kemensos ini ada sebanyak 9.960 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah ini ternyata lebih sedikit dibanding tahun lalu. Diketahui, jumlah penerima BST tahun lalu ada sebanyak 10.200-an.

Terkait berkurangnya jumlah penerima itu, pihaknya menjelaskan bahwa tahun lalu BST dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) bagi para nelayan juga disalurkan lewat kantor POS. Namun, untuk tahun ini dari KKP belum ada informasi terkait kelanjutan bantuan tersebut.

”Kami tidak tahu kalau nanti yang dari KKP akan disusulkan,” ujar Heppy.

Heppy menambahkan, distribusi BST Kemensos ini dilakukan semudah mungkin. Setiap KPM diberi waktu selama sebulan untuk mengambil bantuan itu. Selain itu, jika memang KPM tidak bisa datang, petugas POS akan mengantarkannya sampai rumah. Atau, salah satu anggota keluarga KPM bisa mengambilnya di Kantor POS. Asalkan masih masuk dalam satu Kartu Keluarga (KK).

”Penyalurannya sebisa mungkin memudahkan KPM. Untuk pelaporannya, petugas akan memfoto KPM saat menerima bantuan berupa uang tunai. Kalau memang tidak diambil, bantuan akan ditarik dan dikembalikan kepada Kemensos,” jelas Heppy. (JHI-FQ)

Baca Juga :  SBY Borong Mebel Jepara

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

One comment

  1. Toh saya gak pernah dapat bañtuan sama sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *