Pedagang Pasar Ngabul Mulai Direlokasi

Pedagang Pasar Ngabul Mulai Direlokasi – Persoalan dalam pengoperasional Pasar Ngabul Baru sudah mulai terpecahkan, mulai Kamis (9/10) pukul 03.00 WIB, para pedagang yang berada di Pasar Ngabul Kecamatan Tahunan, mulai direlokasi ke pasar baru secara bertahap. Diharapkan selama sepekan, para pedagang yang berada di trotoar dan bahu jalan sudah dapat dipindahkan ke lokasi yang baru. 
Kabid Penegakan dan ketertiban pada Satpol PP Jepara Nuril Abdillah mengatakan, relokasi pedagang pasar Ngabul Kecamatan Tahunan ini, dimulai hari Kamis (9/10) pukul 03.00 WIB. Proses relokasi ini akan dilakukan secara bertahap, hingga sepekan kedepan. Relokasi akan dimulai dari para pedagang yang berjualan di trotoar dan bahu jalan. “Diharapkan proses ini, akan diselesaikan hingga seminggu kedepan” ujarnya.

Untuk menjaga keamanan, selama sepekan juga akan disiagakan 55 petugas gabungan. Mereka terdiri dari 25 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP, 20 personil kepolisian dan 5 personil dari Dishubkominfo Jepara. Mereka akan berjaga, mulai pagi hari

Tak hanya itu, petugas gabungan juga akan mengarahakn jalur transportasi menuju pasar Ngabul yang baru. Sehingga tidak ada alasan bagi pedagang, khawatir pasar baru yang ditempatinya tersebut sepi pengunjung. Untuk pasar Ngabul lama, akan dibuat searah, sedangkan dari Jepara diarahakan berbelok kiri melewati pasar Ngabul yang baru. “Kami sudah adarkan jalur transportasi menuju pasar yang baru” ujarnya.
Sementara Wakil Bupati Subroto mengatakan pedagang yang kali pertama direlokasi, memang yang berada di luar pasar. Sebab, selama ini pedagang yang berada di trotoar pasar dinilai membuat arus lalu lintas macet. Bahkan, tak jarang membahayakan keselamatan pembeli dan penjual, karena aktivitas pasar sampai ke tengah jalan.
Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Pasar Ngabul Baru Yuni Sulistyo menambahkan, sebenarnya Pasar Ngabul Baru tidak ada masalah. Secara administrasi dan hukum, tidak ada permasalahan. 

Dari 350-an kios dan 600-an los yang ada di Pasar Ngabul Baru hanya 40-an yang belum terjual. Nantinya, para pedagang di Pasar Ngabul Lama akan menempati los dan kios di sisi paling luar. Diketahui, Pasar Ngabul Baru seluas 20 ribu meter persegi. Sementara, jumlah pedagang di Pasar Ngabul Lama sebanyak 600-an pedagang .

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *