Jepara UMKM
Diskopukmnakertrans saat mengadakan pelatihan UMKM baru-baru ini.

Pelaku UMKM Akan Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta

JEPARA – Pemerintah pusat mengucurkan bantuan untuk 12 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM dalam waktu dekat akan mendapatkan suntikan dana masing-masing Rp 2,4 juta.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Kabupaten Jepara, Eriza Rudi Yulianto menjelaskan, berdasarkan surat dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah 24 Juli 2020 Nomor S/1155/PW11/2.1/ 2020, perihal Pengumpulan dan Pemetaan Data UMKM, pelaku UMKM akan mendapatkan kucuran bantuan keuangan tersebut.

Pihaknya menyatakan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pelaku UMKM supaya bisa mendapatkan bantuan tersebut. Yakni tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, warga negara Indonesia dengan bukti NIK, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan lampiran surat usulan dari petinggi atau lurah, bukan aparatur sipil negara, TNI, Polri, Pegawai BUMN/BUMD.

”Data dikirim berupa Microsoft Exel dan hard copy dikirim ke alamat email diskopjepara@gmail.com. Paling lambat 30 Agustus 2020,” ungkap Eriza, Selasa (25/8/2020).

Terkait dengan kriteria UMKM, Eriza mengatakan yang dimaksud UMKM yaitu usaha produktif milik keluarga atau perorangan yang dengan aset usaha maksimal Rp 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan. Dengan hasil penjualan atau omset paling banyak Rp 300 juta per tahun.

Diketahui, skema  bantuan tersebut yakni pelaku UMKM mendaftar ke petinggi atau lurah, kemudian pihak petinggi mendaftarkan mereka  ke dinas terkait, setelah itu data akan diverifikasi kelayakannya oleh Kementrian Koperasi dan UKM bersama kementrian keuangan dan OJK. Setelah itu, bantuan akan dicairkan langsung melalui transfer ke rekening bank masing-masing penerima. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Terbukti Money Politik Bisa Didiskualifikasi Dalam Pilkada 2017

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

3 comments

  1. Ester mediana yunita

    Apakah masih bisa mengajukan untuk dapat bantuan UMKM?

  2. Ini cara dan syaratnya apa??? Tidak ada penjelasan lebih lanjut? Apakah pendaftaran sudah ditutup?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *