Pulau Kemojan 10 Hari Tanpa Listrik

Selama 10 hari terakhir sejak(31/8) hingga hari ini Selasa(9/9) desa Kemojan di Kepulauan Karimunjawa gelap gulita karena tidak teraliri listrik . Beberapa dukuh seperti dukuh Telaga,dk Mrican dan dk Batu Lawang masyarakatnya tidak bisa menggunakan listrik untuk kebutuhan sehari hari. Hal ini dikarenakan alat yang ada di PLTD Kemujan mengalami kerusakan.

Kepala PLTD Karimunjawa Soleh mengatakan , boschpump yang rusak sudah diperbaiki di Semarang dan sudah jadi. Namun sesampainya di Karimunjawa , mesin ditest namun langsung rusak lagi. ” Beberapa waktu lalu sudah diservice ke Semarang, ditest baru beberapa jam alat kembali rusak,”. Ujar Soleh .

Setelah dicek kembali ternyata kerusakan tidak terjadi di boschpumpnya namun dibagian lain yakni di bagian Nozle nya. Untuk mengantisapi masalah ini Soleh harus kembali memutar otak untuk mencari solusi. Akhirnya , melihat kesamaan mesin yang sama akhirnya Soleh mencoba untuk meminjamkan  Nozle dari alat yang ada di Pulau Nyamuk, namun setelah dicoba ternyata masih tidak bisa “Saya coba untuk cari solusi lain, ambilkan Nozle dari pulau Nyamuk, namun tetep gak bisa “. Tutur Soleh .

Akhirnya Soleh memesankan alat yang tersebut di Semarang, akan tetapi untuk seri dan jenis alat yang rusak itu ternyata stock habis. Akhirnya beberpa hari lalu pihaknya harus inden di Jakarta untuk mendapatkan alat tersebut. Dan akhirnya saat ini barang pesanan sudah tiba di Jepara. ” Alat saat ini sudah saya bawa di Karimunjawa dan akan langsung dipasang,  mudah mudahan bisa kembali menyala lagi , kalau tidak sore hari ini ya besok Listrik di Pulau Kemojan kembali normal,”. Jelas Soleh .

Matinya aliran listrik selama lebih dari sepekan ini berdampak pada lebih dari 250 KK yang ada di beberapa dukuh didesa Kemojan . Sobirin (32) warga dk Mrican desa Kemujan Karimunjawa berharap,listrik bisa hidup kembali normal seperti sedia kala untuk kebutuhan sehari hari. Selama ini pihaknya mengaku selama listrik mati ini harus menggunakan genset. ” Selama listrik mati ,kami menggunakan genset. Dari jam 6-10 malam menghabiskan kurang lebih 3 liter bensin sedangkan harga bensin perliter 11 ribu,”. Pungkas Sobirin.

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *