Kapal tongkang
Sebuah Kapal Tongkang terdampar di pantai Lorgunung Desa Clering Kecamatan Donorojo.

Sebuah Kapal Tongkang Terdampar di Pantai Clering

JEPARA – Sebuah kapal jenis tongkang kembali terdampar di garis pantai Jepara. Kali ini, kapal tongkang dari Kalimantan menuju Tegal terdampar di Pantai Lorgunung Clering, Kecamatan Donorojo.

Kepala Syahbandar Jepara Dimyati, menjelaskan kapal tongkang bernama TB Tandur atau TK Financia 83 memang terdampar. Berdasarkan berita emergency yang diterima dari Stasiun Radio Pantai Karimunjawa, pada jam 20.40 WIB, posisi kapal dan tongkang di : 6°  11′  583″ S  / 110°  30′  325″ S. Jarak +- 24 Mill dari Jepara.

”Kita koordinasikan juga ke SROP Jepara untuk bisa komunikasi lebih jelas dengan TB. Tandur Jam 21.10 WIB,” kata Dimyati, Jumat (29/1/2021).

Pihaknya menyatakan, awalnya Kapal TB. Tandur bergerak meninggalkan tongkangnya. Yaitu menuju ke arah Pelabuhan Jepara untuk berlindung lantaran cuaca buruk. Di saat yang sama, keadaan laut juga semakin memburuk.

”Di Jepara rencananya akan dilakukan perbaikan mesin sebelah kanan yang rusak,” lanjut Dimyati. Selain membenahi mesin yang rusak, mereka juga melepaskan tali tunda yang membelit kapal TB. Tandur.

Dimyati menambahkan, lantaran sudah terdampar, pengurus kapal akan mengurusnya kepada SROP dan Kantor UPP Jepara guna dilakukan tindakan evakuasi. Jika tidak segera dievakuasi, kapal bisa membahayakan alur pelayaran.

Mengutip laman Pusat Meteorologi Maritim, diperingatkan bahwa hari ini tinggi gelombang 1.25 – 2.50 meter berpeluang terjadi di Perairan Kalimantan Tengah bagian barat. Tinggi Gelombang  2.50 – 4.0 Meter berpeluang terjadi di Laut Jawa Bagian Tengah, Perairan Karimunjawa, Perairan Utara Jawa tengah, Perairan Brebes Pemalang. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Ratusan KK di Nalumsari Kebanjiran

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *