Sensus Penduduk Akan Dilaksanakan Bulan September
Kepala BPS Kabupaten Jepara, Manggus Suryono

Sensus Penduduk Akan Dilaksanakan Bulan September

JEPARA– Penduduk Kabupaten Jepara akan dilakukan sensus pada bulan September mendatang. Badan Pusat Statistik (BPS) sudah merekrut ratusan petugas sensus yang akan diturunkan ke lapangan menemui masyarakat di seluruh penjuru Jepara.

Kepala BPS Kabupaten Jepara, Manggus Suryono, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan lebih dari 800 petugas sensus. Setelah melakukan seleksi online, pihaknya telah mendapatkan sebanyak 765 petugas sensus dan 60 orang yang akan menjadi Koordinator Sensus Kecamatan.

”Sekarang masih dalam proses. Petugasnya sudah dilengkapi. Untuk pelaksanaannya nanti bulan September,” jelas Manggus kepada Jeparahariini.com, Kamis (20/8/2020).

Setelah perekrutan itu, dijadwalkan seluruh calon petugas sensus penduduk akan menjalani rapid test Covid 19 pada tanggal 24-25 Agustus mendatang. Rapid Test ini menjadi syarat dalam seleksi penerimaan petugas sensus penduduk 2020.

”Pelaksanaan Rapid Test digelar dua hari di Gedung PGRI, Komplek Perkantoran Demaan Jepara,” jelas Manggus.

Pada sensus penduduk online beberapa bulan lalu, BPS Kabupaten Jepara mencatat, partisipasi sensus penduduk online di Jepara mencapai 303,6 ribu warga. Sementara proyeksi penduduk Jepara yang dilakukan sensus pada tahun ini mencapai 1,26 juta orang. Artinya, BPS Jepara berhasil mencapai target 23,9 persen.

Manggus menyatakan, angka ini sedikit lebih tinggi dari target nasional. Yakni minimal 20 persen. Sementara itu, ketercapaian sensus penduduk online secara nasional mencapai 51,36 juta jiwa.

Pada bulan September nanti, Petugas Sensus akan melakukan dua hal utama. Yakni pemeriksaan daftar penduduk dan verifikasi lapangan (ground check). Dalam hal ini, petugas akan berkoordinasi dengan Satuan Lingkungan Setempat seperti RT atau turunan pemangku kepentingan pemerintah tingkat bawah lainnya. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Warga Minta Kasus Segera Dituntaskan

About admin JHI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *