Laser Kayu, Sulap Limbah Kayu Jadi Souvenir Kerajinan Bernilai Tinggi

0
1833
Perusahaan-pembuat-kerajinan-Souvenir-Gift-aksesoris-Laser-Kayu-Jepara-Indonesia
Tempat rokok dari bahan kayu jati yang dibalut dengan laser karya Laser Kayu

JEPARA – Melihat banyaknya  limbah kayu di wilayah tempat tinggalnya di Jepara, Kusmanto memiliki gagasan dan ide kreatif untuk mengolahnya menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi. Lewat usaha Laser Kayu, kini Kusmanto sering kewalahan karena kebanjiran banyak order untuk dibuatkan kerajinan dari bahan dasar kayu tersebut.

Kusmanto, Pemuda yang berasal dari Pengkol Jepara ini mulai menekuni industri kreatif di bidang craft sejak tahun awal tahun 2017. Gagasan awal memulai usahanya ini, ia bercerita, karena  di Jepara yang notabene menjadi pusatnya ukiran kayu, mudah sekali mendapatkan bahan dasar kayu. Apalagi limbah dari produksi furniture kayu, banyak sekali ditemui disekitar tempat tinggalnya.

Dari situlah ia mendapatkan ide untuk mengolah limbah kayu yang dikerjakan secara manual oleh team dengan SDM yang mumpuni untuk dijadikan sebuah karya kerajinan bagus dan fungsional dengan perbedaan custom nama, logo perusahaan atau gambar yang diinginkan klien dengan cara menggunakan mesin laser / grafir.

Perajin Souvenir Gift kayu jati untuk Perusahaan Fashion Adidas Indonesia dibuat oleh Industri Kreatif Laser Kayu Jepara Indonesia
Proses awal pemilihan bahan baku limbah kayu untuk pembuatan souvenir kerajinan Laser Kayu

“  Sayang kan kalau limbah kayu yang banyak kita temui di Jepara hanya jadi kayu bakar dan tidak dimanfaatkan. Jadi limbah kayu berkualitas tersebut kita olah menjadi suatu barang kerajinan, kemudian untuk membuat kesan lebih berbeda kita laser dengan desain sesuai keinginan. Dari situlah muncul ide untuk membuat Laser Kayu,” Ungkap Kusmanto kepada Jeparahariini.com, Minggu ( 21-07-2019).

Perusahaan Pembuat Souvenir Kerajinan Limbah Kayu Jati dibentuk jam duduk yang unik dari perusahaan kreatif Laser Kayu Jepara, Indonesia
Proses pengerjaan limbah kayu untuk dijadikan sebuah karya kerajinan bernilai tinggi

Kerajinan kayu yang sering ia buat adalah custom craft, seperti pembuatan souvenir untuk pernikahan, keperluan hotel, kerajinan untuk mengisi resort, kitchen ware dan aksesoris perusahaan sebagai identitas yang layak untuk diberikan kepada klien maupun orang yang spesial. Mulai dari kreasi seni maupun souvenir unik dan barang industrial.

“ Di Laser Kayu, kami menciptakan desain semenarik mungkin dan memberi kebebasan kepada klien untuk menyesuaikan bentuk produk yang diingankan,” terangnya.

Souvenir Kerajinan Gantungan Kunci Kayu Jati Art appreciation by Mowilex collaborated with ARMA Art Museum & Gallery oleh Perusahaan Laser Kayu Jepara Indonesia
Salah satu produsen cat ternama Mowilex mempercayakan Laser Kayu untuk dibuatkan gantungan kunci menarik dari bahan kayu jati dengan geafir laser sebagai identitas perusahaan

Lewat kerajinan Laser Kayu, Kusmanto menjelaskan sudah banyak perusahaan – perusahaan besar yang mempercayakan untuk membuat souvenir kayu yang unik, seperti perusahaan fashion  ternama dunia ADIDAS, Produsen Cat Mowilex dan masih banyak lainnya. Tak sedikit pula, perusahaan furniture kayu lokal Jepara maupun luar kota juga menggunakan  jasanya untuk  dibuatkan identitas ataupun logo pada produk yang perusahaan tersebut buat.

Souvenir-Kerajinan-Gift Jam Duduk Laser-Kayu-Jati-Jepara untuk-Perusahaan-Adidas-Indonesia
Salah satu brand sepatu terkenal di dunia Adidas, mempercayakan Laser Kayu untuk pembuatan souvenir jam duduk yang fungsional

“ Belum lama ini kami juga dapat order membuatkan kotak perhiasan dari kayu dengan gravir laser dan barang tersebut diekspor ke mancanegara. Intinya apapun yang masih menggunakan bahan baku kayu, kami siap untuk memproduksinya,” ungkap pemuda 30 tahun itu.

Dalam proses pengerjaan dari mulai pemilihan bahan baku kayu, proses produksi, desain hingga finishing, Kusmanto dibantu lima orang karyawannya. Untuk bahan baku tersendiri, ia lebih sering menggunakan kayu jati dan kayu sono yang mudah didapatkan di Jepara. Harga produk dari Laser Kayu terbilang sangat terjangkau, mulai dari Rp 10.000-Rp 500.000 per buah.

Perusahaan-pembuat-kerajinan-Souvenir-Gift-aksesoris-terbaik-Laser-Kayu-Jepara-Indonesia
Cover korek api, gantungan kunci, tempat kartu nama, dan tempat pensil yang terbuat dari bahan kayu sono terlihat sangat ekslusif. Bahkan Laser Kayu juga menerapkan tehnik Glow In The Dark pada kreasinya yang menjadi salah satu ciri khas Laser Kayu

“ Untuk harga memang bervariatif, tergantung tingkat detail, ukuran serta pengaplikasian desain laser tersebut,” Jelasnya.

Produk Laser Kayu ini sudah bekerjasama dengan perusahaan – perusahaan berbagai kota seperti Jepara tersendiri, Bali, Jakarta, Pekanbaru, Lampung,  Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

Untuk workshopnya berada di Jl. KH. Moliki 02, Pengkol – Jepara.
Phone / WA  : 081326693844
Instagram : @LaserKayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here