Banjir Jepara
Kondisi terkini banjir di Desa Sowan Kidul, Rabu (17/02/2021) siang.

Sungai Alami Pendangkalan, Dua RT di Sowan Kidul Kebanjiran

JEPARA – Sekitar 150 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung menjadi korban banjir. Air meluap ke permukiman warga akibat adanya pendangkalan di dua sungai yang mengelilingi area itu.

Petinggi Sowan Kidul, Ahmad Dhuri, menyebut banjir sudah terjadi selama tiga hari terakhir. Wilayah yang terendam yaitu RT 2 dan 3 RW 02. Tinggi banjir bahkan mencapai 50 centimeter.

Dhuri menjelaskan, air berasal dari dua sungai. Yaitu Sungai Jarotun dan Kedung Buli. Kedua sungai itu melingkari desa yang letaknya lebih tinggi dari daratan permukiman warga.

Banjir Jepara

”Karena wilayah itu dilingkari dua sungai. Sedangkan daratan lebih rendah dari sungai. Otomatis sungai mudah meluap ke permukiman,” terang Dhuri, Rabu (17/2/2021).

Saat ini, kata dia, sebagian besar warga masih bertahan di rumahnya masing-masing. Sebagiannya lagi mengungsi ke rumah sanak saudara. Namun, warga tidak bisa memasak lantaran kondisi dapur tergenang air.

Terkait pendangkalan itu, Dhuri mengaku pihak desa sudah berkali-kali melaporkannya kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. Namun, hingga sekarang tak kunjung ada upaya normalisasi atau apapun.

Pihaknya mengatakan, pendangkalan itu tidak hanya di badan sungai. Melainkan sudah pada lambiran sungai.

”Terakhir dinormalisasi waktu saya masih kecil. Kira-kira 25 tahun lalu. Sampai sekarang belum pernah ada lagi. Padahal kami sudah berkali-kali melaporkannya kepada pemerintah (BBWS Pemali Juwana, red). Tapi realitanya tidak ada respon apapun,” tandas Dhuri. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Kasihan, Bayi Lucu dan Cantik Ini dibuang di Teras Rumah Warga

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *