Anggaran Dropping Air Bersih Mendesak Untuk Ditambah
Petugas BPBD mendropping air bersih di Desa Plajan hari ini (17/9/2020)

Anggaran Dropping Air Bersih Mendesak Untuk Ditambah

JEPARA – Jumlah desa di Kabupaten Jepara yang mengalami kekeringan terus bertambah. Hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara masih terus mencatat desa-desa yang membutuhkan air bersih.

Kepala Pelaksana BPBD Jepara Kusmiyanto, menyatakan hingga kini pihaknya sudah dua kali mendroping air bersih ke Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji dan Blimbingrejo Kecamatan Nalumsari.

Droping air bersih pertama kali dilaksanakan pada 9 September lalu. Dengan rincian untuk Desa Plajan 5 tangki atau 25 liter air bersih. Dan Desa Blimbingrejo 1 tangki atau 5000 liter air bersih.

Sementara itu, petugas BPBD hari ini juga melakukan dropping air bersih ke dua desa tersebut. Rinciannya yaitu untuk Desa Plajan 2 tangki atau 10.00 liter. Dan Desa Blimbingrejo 1 tangki atau 5000 liter.

”Jumlah desa yang mengajukan air bersih terus bertambah. Masih kami catat untuk selanjutnya dibuatkan SK nya,” jelas Kusmiyanto kepada Jeparahariini.com, Kami (17/9/2020).

Pihaknya mengungkapkan, anggaran untuk melaksanakan dropping air bersih ini tidaklah sedikit. Seperti yang diberitakan sebelumnya, berdasarkan peta wilayah kekeringan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 47 desa dan kelurahan yang rawan kekeringan. Namun, anggaran yang disiapkan hanya Rp 24 juta. Diperkirakan anggaran tersebut hanya sanggup untuk mencukupi kebutuhan dropping air bersih selama seminggu. Jika banyak desa yang mengajukan dropping.

Untuk itu, kata Kusmiyanto, pemerintah mengajukan penambahan anggaran untuk disetujui DPRD. Anggaran yang diajukan yakni sebesar Rp 27 juta. Namun, penambahan tersebut harus menunggu keputusan DPRD dalam rapat paripurna perubahan APBD 2020.

”Kami masih menunggu keputusan penambahan itu. Sekarang masih di DPRD pembahasannya,” jelas dia. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Empat Desa di Jepara Alami Kekeringan

About admin JHI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *