Benda Sejarah Jepara dan Kartini Dipamerkan Komunitas Rumah Kartini

JEPARA – Dalam rangka memperingati sewindu Komunitas Rumah Kartini dan memperingati Hari Kartini tahun ini menggelar pameran foto sejarah serta pameran belasan benda sejarah kuno pada eranya Raden Ajeng Kartini . Pameran yang diberi tema ” Menapak Jejak, Meretas Makna ” ini akan diselenggarakan di galeri Chody Art Kelurahan Kauman Jepara pada Selasa 19-24 April 2016 .

Ketua panitia kegiatan Daniel Frits Maurits Tangkilisan mengatakan , foto sejarah Jepara dan Kartini akan dipamerkan untuk umum . Selain itu yang paling menarik dalam pameran itu juga memamerkan 18 unit benda yang memiliki nilai historis tinggi pada masa RA Kartini .

” Diantaranya memamerkan beberapa kotak tempat perhiasan Kartini , beberapa batik yang pernah dipakai Kartini dan keluarga , lukisan angsa Kartini , dan seperangkat furniture yang digunakan keluarga Kartini ,” Katanya .

Daniel menambahkan ,dalam pameran tersebut juga akan menampilkan benda sejarah yang sudah melegenda yakni Macan Kurung dan Gong Senen .

” Dua benda yang sangat familiar oleh masyarakat Jepara yakni Gong Senen dan Macan kurung juga akan kami pamerkan,” terangnya .

Lebih lanjut Daniel mengatakan , selain berpameran pihaknya mengaku juga akan memberikan pembelajaran sejarah kepada masyarakat umum yang hadir terkait barang-barang sejarah yang sudah direproduksi dan dipamerkan tersebut.

” Dalam seminar internasional yang akan kami gelar bakal kami bedah satu persatu semua barang- barang yang telah kita reproduksi ,” terangnya .

Disinggung berapa lama proses pengerjaan reproduksi benda sejarah tersebut , Daniel mengatakan lebih dari 1,5 tahun untuk menjadikan semua barang tersebut . Dalam pengerjaaanya juga melibatkan banyak pihak , diantaranya beberapa seniman Jepara dan luar Jepara , beberapa dosen dari dalam maupun luar negeri serta beberapa peneliti .

Baca Juga :  #KabarJepara | Peringati Haornas, Lombakan Olahraga Tradisional

” Sebelumnya kita melakukan riset yang memakan waktu cukup lama dengan dibantu beberapa dosen dan peneliti dari dalam maupun luar negeri , setelah semua data terkumpul kami mereproduksi 18 unit benda sejarah Jepara dan Kartini itu,”  Pungkasnya .

CAPTION :

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *