Jepara Ada Tambahan Kapal KM Bukit Patung 

 

JEPARA -Jika selama ini penyebrangan laut di Jepara dilayani oleh 3 kapal yakni KMP Siginjai, KMC Kartini dan KMC Ekspress Bahari . Kini Jepara mempunyai satu tambahan kapal dari PT Samudera Perdana Selaras dengan nama KM Bukit Patung . Kapal perintis ini pada Rabu (17/6) pertama kali berlabuh di Dermaga Kartini Jepara .

Kabid Perhubungan Laut pada Dishubkominfo Kabupaten Jepara Sutana mengungkapkan, keberadaan KM Bukit Patung memiliki trayek diantaranya Semarang – Jepara – Kuala Pembuang – Karimunjawa – Semarang – Kuala Jelai – Pulau Nibung – Sukamara – Pulau Nibung – Kuala Jelai – Karimunjawa – Semarang .

” Karena banyaknya tujuan dan jarak tempuh ke beberapa wilayah di kepulauan Kalimantan ,diperkirakan dalam sebulan KM Bukit Patung ini hanya dua kali singgah di Jepara “, ungkapnya pada Rabu (17/6) .

Adapun untuk kapasitas jumlah penumpang di kapal ini, memiliki kapasitas tempat duduk 35 orang dan tempat tidur 196 orang. Selain itu juga disediakan sekoci penolong dengan kapasitas 2×40 orang. Juga bisa untuk kargo hingga muatan kurang lebih 100 ton.

” Berbeda dengan KMP Siginjay yang memiliki banyak tempat duduk, dalam segi kecepatan KM Bukit Patung bisa melaju dengan kecepatan 7 Knot, namun dalam percobaanya bisa mencapai 12 knot dan diperkirakan mampu menerjang ombak setinggi 3 meter “, katanya .

Lebih lanjut Sutana menerangkan , dengan adanya tambahan kapal di Jepara ini , masyarakat bisa memanfaatkannya dalam bertransportasi laut . Namun pihaknya juga berharap agar nantinya rute bisa dirubah.

” Rute dari Jepara bisa langsung ke Karimunjawa baru kemudian ke Kalimantan. Agar penumpang yang ingin ke Karimunjawa bisa menumpang dengan kapal ini,” pungkasnya .

Baca Juga :  Masyarakat Karimunjawa Sudah Siap Buka Pariwisata Kembali

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

3 comments

  1. Terimakasih atas keperduliannya bapak…. sukses selalu untuk jepara

  2. mantab ini gan, berani berlayar wlo ombak 3 mater, yg penting keselamatan harus diutamakan laah..
    lanjutkan kapal bukit patung karimunjawa

  3. Comment: semoga karimun go internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *