Penguatan Jejaring Pendidikan Khusus Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Fasilitas dan pelayanan pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) harus mendapat perhatian khusus agar mereka dapat meningkatkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya, terutama sebagai bekal bagi mereka agar bisa menjalani hidup dengan sewajarnya. ABK sendiri adalah klasifikasi untuk anak dan remaja secara fisik, psikologis atau sosial mengalami masalah serius dan menetap. Anak berkebutuhan khusus ini dapat diartikan mempunyai kekhususan dari segi kebutuhan layanan kesehatan, kebutuhan pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, pendidikan inklusi, dan kebutuhan akan kesejahteraan sosial dan bantuan sosial. Ada beberapa jenis ketunaan, yakni tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, tuna laras, kesulitan belajar, anak cerdas dan bakat istimewa, autisme, hiperaktif, gangguan aktivitas motorik sehingga anak jadi berlebihan dan indigo yakni manusia yang sejak lahir punya kelebihan khusus yang tidak dipunyai manusia pada umumnya.

Namun demikian, pada kenyataannya masih banyak ABK usia 0-18 tahun yang belum mendapatkan perhatian tersebut. menyikapi kondisi tersebut, TP.PKK Kabupaten Jepara bekerjasama dengan TP. PKK Provinsi Jawa Tengan dang Balai Pengembangan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan koordinasi pengembangan pada penguatan jejaring pendidikan khusus melalui penyuluhan tentang ABK. Kegiatan yang dilaksanakan di serambi belakang Pendopo Kabupaten Jepara pada Selasa (15/10) ini diikuti oleh 50 peserta dari anggota TP. PKK Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan/desa dan dari Dinas Dikpora Kabupaten Jepara.

Kepala Seksi Pembinaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Ny. Marfuah, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi pengetahuan kader PKK dalam mengenal, memahami, mengidentifikasi karakter dan perkembangan anak berkebutuhan khusus serta menjaring data anak berkebutuhan khusus yang belum sekolah di wilayahnya masing-masing. Dari data yang berhasil dikumpulkan tersebut, diharapkan bisa menjadi acuan bagi Pemerintah untuk menyusun program-program yang terkait dengan upaya peningkatan potensi ABK. Senada dengan Ny. Marfuah, Ketua TP. PKK Kabupaten Jepara Ny. Chuzaemah Marzuqi saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian kepada ABK. “masih banyak keluarga yang merasa malu jika memiliki ABK dalam keluarganya sehingga cenderung untuk menyembunyikan, sementara pemahaman masyarakat tentang ABK masih sangat terbatas” lanjut Ny. Chuzaemah. Mengingat sangat pentingnya data tersebut, Ny. Marzuqi meminta seluruh kader PKK mulai dari tingkat RT sampai tingkat Kabupaten untuk bersungguh-sungguh dan bekerja keras dan teliti dengan melakukan updating data by name by address saat mengadakan pendataan ABK yang belum bersekolah di lingkungan sekitarnya, sehingga pada akhir bulan Desember 2014 mendatang data tersebut sudah terkumpul dan valid.

Baca Juga :  Marching Band Gema Syi’ar Amtsilati Pukau Ribuan Penonton dalam Pembukaan Popda Jepara 2018

Dengan upaya ini diharapkan para ABK bisa terawat serta mendapatkan haknya dengan baik termasuk hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan sewajarnya harus mereka terima seperti anak normal lainnya. Di Kabupaten Jepara sendiri sampai saat ini baru ada satu sekolah khusus untuk ABK yaitu SLB Negeri Jepara, sehingga bagi orang tua yang memiliki ABK jauh dari kota Jepara masih bingung untuk menyekolahkan anaknya karena kendala jarak. Dengan data yang berhasil dijaring oleh kader PKK tersebut diharapkan bisa mempermudah orang tua dan Pemerintah untuk mengambil langkah-langkah strategis menangani ABK.

Pada kegiatan ini, selain memberikan penyuluhan bagaimana melakukan pendataan terhadap ABK usia 0-18 tahun yang belum bersekolah, juga disampaikan materi tentang Deteksi Dini dan Karakter ABK oleh Pengawas Pendidik ABK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan TP. PKK Provinsi Jateng, Ali Yahya dan Endang.

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *