Pojok Baca Digital
Pojok Baca Digital (podaci) berada di Mall Pelayanan Publik Jepara.

Perpus Nasional Bikin Pojok Baca Digital di MPP Jepara

JEPARA – Guna menebarkan budaya literasi, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberi bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berupa fasilitas Pojok Baca Digital (Podaci). Podaci ini ditempatkan di salah satu sudut gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) komplek Setda Jepara.

Podaci ini terletak di sebelah kiri pintu masuk MPP. Sejumlah koleksi buku dari berbagai tema dan jenis tersedia bagi siapa saja yang datang. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan ketika pengunjung MPP menunggu giliran pelayanan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Jepara Umar Chotob mengatakan, Jepara merupakan salah satu dari 76 perpustakaan yang mendapat fasilitas tersebut oleh Perpusnas RI.

“Pojok Baca Digital ini merupakan sebuah konsep tempat membaca yang memberikan layanan perpustakaan dengan menyediakan layanan digital ( e-book ) dan layanan buku tercetak,” ujar Umar.

Podaci ini memiliki sejumlah fasilitas. Antara lain satu unit Digital Library Station (DLS), tiga unit komputer untuk akses internet, IPusnas, dan kebutuhan kerja pengunjung Mall Pelayanan Publik. Selain itu, juga terdapat empat unit ablet untuk askses IPusnas dan Games Edukasi.

“Buku-buku tercetak dapat dibaca di area Pocadi. Selain itu ada tempat duduk yang nyaman dan dapat dimanfaatkan pemustaka sambil menunggu di Mall pelayanan Publik,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, adanya Pocadi ini sekaligus untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan di area publik. Sehingga, perpustakaan menjadi lebih representatif, modern, dan dapat diakses dengan mudah.

“Karena hal ini merupakan tuntutan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang,” imbuh Umar.(JHI-FQ)

Baca Juga :  Anggaran Dinas Dirasionalisasi Sampai Rp 20 Miliar

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *