Perubahan APBD Tahun 2020 Disetujui Wakil Rakyat
Pimpinan dewan dan eksekutif sedang menandatangani berkas persetujuan rancangan perubahan APBD Jepara 2020.

Perubahan APBD Tahun 2020 Disetujui Wakil Rakyat

JEPARA – Akhirnya, setelah melalui proses pembahasan cukup panjang, rancangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jepara tahun 2020 disepakati oleh DPRD Jepara, Jumat (25/9/2020). Setelah ini, rancangan tersebut dikirimkan kepada gubernur Jawa Tengah

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua Dewan, Pratikno bersama dan KH Nuruddin Amin (Gus Nung), dilaksanakan pada Jumat (25/9/2020), di Gedung Paripurna DPRD Jepara. Dari eksekutif, Bupati Dian Kristiandi diwakili Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko, hadir bersama unsur Forkopimda. Hadir juga sejumlah pimpinan perangkat daerah lainnya.

Dalam laporannya, Anggota Banggar Edy Ariyanto mengatakan, dalam dinamika pembahasan tersebut dilakukan sejumlah perubahan. Mulai dari penambahan target pendapatan, pergeseran anggaran, rasionalisasi atau efisensi anggaran. Hal itu juga disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Jepara.

Edy melaporkan, terjadi peningkatan pendapatan dalam struktur Perubahan APBD Kabupaten Jepara tahun 2020: Pendapatan yang semula diusulkan Rp2.294.480.470.000,- dinaikkan Rp700 juta menjadi Rp2.295.180.547.000,- Sebaliknya, usulan belanja dari eksekutif diturunkan Rp6,5 miliar, yakni dari Rp2.463.922.860.000,- menjadi Rp2.457.422.860.000,-.

Komposisi itu menjadikan Perubahan APBD tahun 2020 mengalami defisit Rp7,2 miliar, yang ditutup dengan pembiayaan netto. Pembiayaan netto itu sendiri terjadi karena penerimaan pembiayaan sebesar Rp177,7 miliar, hanya dikeluarkan Rp15,5 miliar.

Sementara itu, Sunarto, salah satu anggota DPRD menyarankan agar pemerintah segera mengirimkan rancangan tersebut kepada Gubernur Jawa Tengah. Mengingat waktu yang masih tersisa hanyalah kurang dari 2,5 bulan. “Kami harap eksekutif segera mengirimkan rancangannya ke gubernur. Supaya bisa segera ditetapkan dan dijalankan anggarannya,” kata dia.

Menanggapi persetujuan rancangan tersebut, Sekda Jepara Edy Sujatmiko yang mewakili Bupati Dian Kristiandi mengucapkan terima kasih kepada legislatif. Dan siap untuk menjalankan saran-saran dari anggota dewan.

Baca Juga :  Panen Kopi Tempur Tak Bisa Dirayakan Petani

“Terhadap saran-saran anggota DPRD Kabupaten Jepara, baik melalui komisi maupun fraksi-fraksi, akan kami pelajari dan kami perhatikan dengan sungguh-sungguh. (Kami juga akan) sepenuh hati berupaya untuk melaksanakan sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku serta kemampuan yang dimiliki,” jelas Edy. (JHI-FQ)

About admin JHI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *