Lomba pisang dan mangga Jepara
Dewan juri sedang menilai buah yang sedang dilombakan

Pisang dan Mangga Khas Jepara Dilombakan

JEPARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara mengadakan lomba aneka buah dan komoditas khas Bumi Kartini. Antara lain Mangga Gadung dan Pisang Sobo Pipit.

Kepala DKPP Jepara Diyar Susanto, menjelaskan kompetisi tersebut merupakan rangkaian lomba hasil pertanian khas Jepara. Rabu (11/11/2020) siang, komoditas yang dilombakan yaitu Pisang Sobo Pipit dan Mangga Gadung.

”Karena ini masih dalam masa pandemi. Kami mengadakannya terbatas. Biasanya lebih ramai seperti festival hasil pertanian,” ujar Diyar.

Diyar menyebutkan, untuk Mangga Gadung jumlah pesertanya sebanyak 51 peserta. Masing-masing peserta menyajikan tiga buah yang dipetik dari satu pohon. Sedangkan, untuk lomba Pisang Sobo Pipit, jumlah pesertanya sebanyak 30 peserta.
Pihaknya menambahkan, buah-buah yang dilombakan tersebut berasal dari kelompok tani dari seluruh kecamatan di Jepara. ”Sebenarnya komoditas di Jepara itu banyak yang berkualitas tinggi. Pisang Sobo Pipit misalnya, menurut ahli, mestinya kualitasnya tidak kalah dengan wilayah-wilayah lain yang sama-sama punya pisang Sobo,” jelas dia.

Lomba pisang Jepara

Selain lomba pisang dan mangga, kata dia, lomba yang digelar hingga 11 Desember 2020 itu nantinya akan melombakan komoditas khas lain. Seperti kopi dan durian yang menjadi ikon pertanian Kabupaten Jepara.

”Nanti juga akan ada lomba kopi dan penyuluh petani. Komoditas-komoditas unggulan akan tersaji hingga bulan depan,” imbuh Diyar. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Sebulan Dibuka, Tujuh Gerai Mall Pelayanan Publik Masih Tutup

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *