Guru SD
Puluhan guru SD di Kecamatan Kembang menunjukkan poster deklarasi peniadaan aktifitas merokok di lingkungan sekolah.

Puluhan SD Komitmen Tak Ada Aktivitas Merokok di Sekolah

JEPARA – Sebanyak 43 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Kembang mendeklarasikan komitmen sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Tujuannya supaya kebiasaan untuk tidak merokok tidak dilihat oleh para pelajar.

Koordinator Satkordik Kecamatan Kembang, Nasuka menyatakan bahwa deklarasi tersebut merupakan kesepakatan atas kesadaran bersama lembaga pendidikan. Deklarasi itu murni kesepahaman bersama para guru.

”Tidak ada arahan dan intruksi apapun dari Satkordik. Semuanya murni keinginan para guru dan kepala sekolah,” kata Nasuka (11/11/2020) di SD N 3 Kaliaman, Kecamatan Kembang.

Nasuka mengungkapkan, dari 43 SD di Kecamatan Kembang, sebelum diadakannya deklarasi masih terdapat sekitar 10 persen sekolah yang masih terdapat aktivitas merokok. Dengan adanya deklarasi tersebut, ditegaskan aktivitas merokok di lingkungan sekolah harus benar-benar berhenti.

Melalui deklarasi KTR tersebut, Nasuka berharap penghentian aktivitas tidak hanya di lingkungan sekolah saja. Melainkan di lingkungan manapun.

“Minimal, awalnya di lingkungan sekolah. Tapi harapan kami, ini benar-benar menjadi momentum berhenti merokok di mana pun,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kembang dr. Fitrin Miadiyanti meminta komitmen terhadap deklarasi ini benar-benar dimulai dari diri sendiri. Dia berharap 10 indikator kepatuhan kawasan tanpa rokok dipatuhi semua SD.

Sepuluh indikator tersebut yaitu tidak tercium asap rokok, tidak terdapat orang merokok, tidak terdapat asbak, korek api, atau pemantik, tidak ditemukan puntung rokok, tidak terdapat ruang khusus merokok, terdapat tanda larangan merokok, tidak ditemukan adanya indikasi merek rokok atau sponsor, promosi dan iklan rokok di area KTR, tidak ditemukan penjualan rokok (pada sarana kesehatan, sarana belajar, sarana anak, sarana ibadah, kantor pemerintah dan swasta, dan sarana olahraga kecuali pasar), penjualan rokok tidak di-display atau dipajang.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Hadir Dalam Pembukaan MQK Jepara

”Saya berharap deklarasi ini dijaga dengan komitmen yang sungguh-sungguh,” harap dia. (JHI-FQ)

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *