Ratusan Liter Tuwak Oplosan Diamankan Polisi

 

BANGSRI – Ratusan liter minuman keras jenis tuwak oplosan berhasil diamankan oleh jajaran Polsek Bangsri . Tuwak oplosan tersebut diamankan petugas dari seorang penjual warga Desa Guyangan Rt 4 Rw 1 Bangsri Jepara pada bulan Mei lalu. Minuman memabukkan tersebut disimpan didalam 4 gentong air dibelakang rumah . Selain itu juga diamankan 17 botol tuwak oplosan dan 5 liter tuwak murni .

 

Kapolsek Bangsri AKP Rismanto mengatakan, pengungkapan tuwak oplosan tersebut berawal dari informasi masyarakat . Setelah dilakukan penyelidikan, anggota polsek Bangsri akhirnya mengamankan 450 liter miras tuwak oplosan yang saat itu tengah diracik oleh pemiliknya yakni Nuryoso di belakang tempat tinggalnya untuk dijual kemasyarakat . Minuman tersebut dioplos dengan air, gula pasir,  tuwak murni,  esense, susu dan garam .

 

” Awalnya dari pengakuan penjual itu adalah minuman segar yang didapat dari Tuban , namun jika dilihat dari warna yang keruh dan bau yang sangat menyengat minuman tersebut tidak wajar “, ungkap Rismanto pada Kamis (2/7) di Mapolsek Bangsri .

 

Untuk membuktikan bahwa minuman tersebut mengandung alkohol, Rismanto bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara untuk melaboratkan minuman tersebut .

 

” Setelah sebulan kami kirimkan 2 sampel minuman tersebut, akhirnya kami mendapatkan hasil laboratorium dari DKK Jepara yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Semarang “, terangnya .

 

Hasil dari laboratrium ternyata minuman tuwak murni tersebut mengandug etanol ( alkohol ) 3,16% , sedangkan tuwak oplosan memiliki kadar etanol lebih tinggi yakni 6,38 % .

 

” Yang jelas jika minuman ini dikonsusmi pasti akan memabukkan karena kadar alkoholnya lumayan tinggi “, tuturnya .

 

Lebih lanjut Rismanto mengatakan, sesuai dengan perda yang berlaku di Kabupaten Jepara Nuryoso selaku penjual dikenai tindak pidana ringan .  Acuan yang digunakan adalah Perda Jepara Nomor 4 Tahun 2001 dan Perda No 2 Tahun 2013. Tentang larangan minuman beralkohol beredar di Jepara .

Baca Juga :  Korup Rp 4 Juta Dibui 3 Tahun, Korup Rp 446 Juta Dibui 4 Tahun

 

” Pelaku kami kenakan tipiring dan sesuai acuan perda,  dia terancam kurungan minimal 4 bulan dan denda paling banyak 50 juta “, pungkasnya .

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *