Sambut HUT Kemerdekaan RI dengan Festival Layangan
Masyarakat Desa Karanganyar, Kecamatan Welahan, Sambut HUT Kemerdekaan RI dengan Festival Layangan

Sambut HUT Kemerdekaan RI dengan Festival Layangan

WELAHAN – Sekitar pukul 09.00 WIB, sebanyak 30 layang-layang menghiasi langit Desa Karanganyar, Kecamatan Welahan pagi tadi (14/8/2020). Kegiatan tersebut merupakan ungkapan kegembiraan masyarakat setempat dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75.

Panitia penyelenggara, Hasan, mengungkapkan bahwa festival tersebut diadakan sebagai rasa syukur pada perjalanan bangsa ini. Selain itu, festival ini juga menjadi ajang kreativitas masyarakat setempat.

”Festival Layangan selain sebagai bentuk peringatan HUT Kemerdekaan RI, juga menjadi sebuah hiburan masyarakat di tengah pandemi,” kata Hasan kepada Jeparahariini.com.

Hasan menyebutkan, awalnya terdapat 50 peserta. Namun, setelah diseleksi, hanya 30 layang-layang yang diizinkan terbang dalam festival tersebut. Dengan mengangkat tema Hari Kemerdekaan, beragam karakter layang-layang menjadi suguhan epik kepada masyarakat yang hadir. Seperti karakter Burung Garuda, pahlawan nasional, dan karakter umum. Namun masih berkaitan dengan tema.

Dalam festival tersebut, kata Hasan, panitia mengambil tiga layang-layang dan dijadikan sebagai juara. Sejumlah kriteria yang sudah ditetapkan menjadi dasar penilaian tersebut. Hasilnya, layang-layang dengan karakter burung garuda berukuran 2,5 meter menjadi juaranya.

Sementara itu, untuk juara dua diraih peserta dengan layang-layang berkarakter tukang becak. Yang merupakan simbolisasi perjuangan hidup. Sedangkan, juara ketiga berhasil dicapai layang-layang dengan karakter Ir. Soekarno.

”Kami sangat senang bisa memberikan hiburan kepada masyarakat. Kedepan festival ini akan kami buat lebih meriah lagi,” ujar dia. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Sedekah Bumi Desa Kepuk "Dewi Sri " Diarak

About admin JHI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *