Kebakaran Jepara
Kebakaran gudang mebel PT. Cambium Furni Industri di Desa Wonorejo, Jepara, Selasa (10/11/2020).

Sebelas Bulan, Kebakaran Terjadi 90 Kali

JEPARA – Kebakaran besar yang terjadi malam tadi di gudang mebel PT Cambium Furni Industri di Desa Wonorejo, Kecamatan Jepara menambah daftar panjang peristiwa kebakaran di Kabupaten Jepara. Rentetan peristiwa kebakaran tersebut diharapkan menjadi pelajaran bagi siapapun untuk lebih waspada.

Surono, Kasi Damkar pada Satpol PP dan Damkar Jepara, menyebutkan dari catatannya mulai bulan Januari hingga November ini, peristiwa kebakaran telah mencapai 90 kasus. Pihaknya menilai jumlah tersebut cukup tinggi mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. Sedangkan, untuk tahun lalu, selama 12 bulan tercatat ada 120 peristiwa kebakaran.

“Tahun ini memang angka kasus kebakaran di Jepara cukup tinggi. Ini menjadi harus menjadi perhatian khusus untuk lebih berhati-hati dan waspada,” terang Surono, Rabu (11/11/2020).

Surono mengungkapkan, jumlah peristiwa kebakaran yang terjadi didominasi kebakaran pada gudang mebel. Rata-rata, kebakaran di gudang mebel terjadi akibat kelalaian manusia.

”Intensitas kebakaran gudang mebel paling tinggi akibat kelalaian manusia,” ujar dia.

Melihat banyaknya peristiwa kebakaran yang terjadi, pihaknya meminta seluruh pengusaha mebel untuk selalu memperhatikan keamanan gudang, seperti pengecekan keamanan listrik secara berkala, penyimpanan barang mudah terbakar seperti tiner secara tepat, serta pengawasan oven kayu.

”Selama ini penyebab kebakaran gudang mebel itu ya korsleting listrik atau dari oven kayu yang tidak terkontrol. Jadi harus benar-benar diperhatikan,” pungkasnya. (JHI-FQ)

Baca Juga :  Mall Pelayanan Publik Jepara Diresmikan untuk Publik

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *