SMA PGRI Jepara Gelar Pemilu

JEPARA – Dalam upaya untuk meningkatkan pembelajarn demokrasi kepada siswa, di SMA PGRI Senin (17/11) kemarin melaksanakan pemilihan Ketua OSIS baru untuk menggantikan pengurus lama.

Amelia Catrina selaku ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk belajar menegakkan pemilihan ketua OSIS secara langsung serta sebagai bentuk simulasi yang diklaim hasilnya lebih efektif, dibandingkan dengan sekadar simulasi biasa yang mudah dilupakan, karena siswa tidak mengalaminya langsung. Ujar .

Ada empat calon ketua OSIS pada pemilu tersebut, terdiri dari 3 siswa dan 1 siswi. Sebelum pelaksanaan kegiatan para calon dipersilahkan untuk mempromosikan dirinya masing-masing. Dari total suara yang masuk ada 230 suara terpilih Muhammad Azhar An Nahidh kelas X IIS 1 mengalahkan ketiga calon yang lain.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan prestasi di SMA PGRI Jepara agar, menumbuhkan rasa kekeluargaan antar siswa, serta mengembangkan kreatifitas, bakat, minat dan potensi melalui kegiatan ekstra kurikuler dan organisasi yang ada di sekolah”. Ungkap Azhar
yang terpilih sebagai Ketua OSIS.

Moment pemilihan Ketua OSIS ini mengadopsi dari sistem yang biasa digunakan Komisi Pemilihan Umum. Dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang berisi nomor dan gambar para calon. Selanjutnya pemilih memberikan hak suaranya dengan mencontreng salah satu calon, setelah dicontreng dan memberikan hak suaranya kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara.

Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap usai memberikan suaranya para pemilih diwajibkan mencelupkan jari pada tinta yang telah disediakan.
Untuk memeriahkan kegiatan ini, panitia menyajikan berbagai macam kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi siswa, seperti dance, menyanyi, karaoke dan baca puisi.

Kepala SMA PGRI Jepara Drs. Fandeli mengatakan, pelaksanaan pemilihan ketua OSIS menggunakan system pemilu ini merupakan sebuah proses demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Sehingga ke depan untuk menghadapi pemilahan umum tidak canggung lagi, karena telah mendapatkan ilmu demokrasi di sekolah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menambahkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa. Ungakp Fandeli.

Baca Juga :  Peran Perdes Dalam Meningkatkan Perilaku Sadar Lingkungan Masyarakat Desa Wedelan

Bagi kandidat atau calon yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan. Selain itu Ketua OSIS yang terpilih dapat menjadi sosok pemimpin yang dapat memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya dan dapat menjunjung tinggi nama baik almamater SMA PGRI Jepara. Sedangkan bagi yang belum berhasil dapat menerima dengan lapang dada.

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *