Warga Dk Kapuran Karimunjawa Gelar Sedekah Bumi

KARIMUNJAWA – Hari ini masyarakat di Kepulauan  Karimunjawa melangsungkan kegiatan tahunan sedekah bumKarimunjawai . Sedekah Bumi tersendiri merupakan suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui tanah/bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sangat populer di Indonesia khususnya pulau Jawa namun dengan berbagai versi dan cara.

Sedekah bumi

Sedekah bumi yang berlangsung Sabtu (29/8) dilaksanakan di dukuh Kapuran Desa Karimunjawa . Berbagai kegiatan akan dilaksanakan seharian penuh.

 

Margono selaku tokoh masyarakat warga dukuh Kapuran Rt 4/1  Desa Karimunjawa mengatakan, beberapa rentetan kegiatan sedekah bumi ini dilakukan mulai dari pagi hari sebelum matahari terbit hingga .

 

” Persiapanya dimulai dari pagi di makam Danang Joyo hingga pagelaran wayang kulit nanti malam dengan lakon ” Semar Bangun Kayangan” yang akan ditempatkan di kali makam dukuh kapuran “, ujarnya .

 

Lebih lanjut Margono menjelaskan, sedekah bumi ini diyakini masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rejeki yang selama ini Tuhan berikan .

 

” Untuk acara sedekah bumi kali juga dihadiri ratusan masyarajat dengan tradisi tukar menukar makanan yang mereka bawa dari rumah masing masing dan disantap bersama, diharapkan acara tahunan ini bisa berjalan lancar”, pungkasnya

 

Baca Juga :  Buritan Bocor, Kapal Berkat Usaha Tenggelam di Karimunjawa

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *