Ganjar Pranowo Beri Bantuan Alat Angkut dan Mesin Pengolahan Sampah untuk Karimunjawa

0
285
Djati Utomo ( Kanan ) menerima bantuan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ( kiri ) secara simbolis di Pendopo Kartini Jepara, Jumat 12 April 2019
Djati Utomo ( Kanan ) menerima bantuan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ( kiri ) secara simbolis di Pendopo Kartini Jepara, Jumat 12 April 2019

JEPARA – Kegiatan bersih pantai dari sampah yang selama ini rutin rutin dilakukan sebulan sekali oleh masyarakat Karimunjawa bersama Yayasan Pitulikur Pulo dan Balai Taman Nasional Karimunjawa dari awal tahun 2017, kini mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah di dampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Bupati Jepara dan Wakil Bupati Jepara menyerahkan bantuan sarana alat angkut dan mesin pengolahan sampah kepada Yayasan Pitulikur Pulo Karimunjawa di pendopo Kartini Jepara, Jumat 12 April 2019.

Djati Utomo ketua Yayasan Pitulikur Pulo mengatakan, Karimunjawa yang merupakan salah satu tempat andalan wisata Jawa Tengah masih dihantui oleh permasalahan sampah dikarenakan tidak adanya TPS3R ataupun TPA sampah di kepulauan Karimunjawa. Saat ini Yayasan Pitulikur fokus di pengolahan sampah di Karimunjawa, baik dari pengangkutan, pemilahan sampai memproses menjadi sesuatu yang berharga.

” Alhamdulilah kami dibantu pak gubernur menyelesaikan permasalahan sampah dikarimunjawa, semula kami tak ingin melihat pulau kami kotor dikarenakan pulau Karimunjawa adalah pusat touris asing jika permasalahan sampah tidak tertangani dengan baik maka citra kita terhadap keindahan Karimunjawa yang dikenal dimanca negara akan pupus, makanya kami berupaya trus membersihkan sampah yang ada di Karimunjawa dan memprosesnya,” ungkapnya.

Karimunjawa yang dikenal dengan pasir putih yang indah dan bersih, terumbu karang yang mempesona harus tetap dijaga, karena itu Djati mengatakan, Karimunjawa adalah aset keindahan alam guna menunjang meningkatkan ekonomi didunia pariwisata.

” Kami berkomitmen menjaga kebersihan Karimunjawa untuk menjadikan tempat wisata terbersih dijawa tengah. Ucapan terimakasih kami kepada pak gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo yang selalu suport kegiatan kami, dulu kami dibantu roda tiga pengangkutan sampah dari pesisir pantai ke tempat pembuangan sampah yang kami sediakan, kini kami dibantu beberapa mesin pengolahan dan alat angkut tambahan. kami berusaha tahun ini sistem pengolahan sampah akan berjalan dan akan bekerjasama dengan bumdes Karimunjawa untuk mengolah sampah dan memberi edukasi kemasyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dikarenakan karimunjawa adalah surga wisata bahari di Jawatengah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here