Home » Wisata » ISI Jogjakarta Wisata Edukasi ke Jepara

ISI Jogjakarta Wisata Edukasi ke Jepara

JEPARA – Sebanyak 26 mahasiswa beserta 9 dosen Program Studi Seni Murni ( meliputi lukis,patung dan grafis) Institut Seni Indonesia ( ISI ) Jogjakarta baru baru ini melaksanakan kegiatan wisata edukasi di Jepara . Beberapa tempat bersejarah di Kota Ukir yang menjadi destinasi wisata ,diantaranya adalah Pendopo Kabupaten Jepara, masjid dan makam Mantingan, Fort Japara, Sentra Patung Mulyoharjo, pantai Bandengan dan singgah ke komunitas Rumah Kartini Jepara .

Ketua Jurusan Fakultas Seni Rupa Murni ISI Jogjakarta Wiwik S Wulandari mengatakan , Kunjungan Program Studi Seni Murni ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 13-14 September 2015.

” Dalam kunjungan ke Jepara ini untuk mempelajari sejarah dan seni rupa yang ada di Jepara ,” ungkapnya .

Dalam perjalanan tour wisata edukasi ini , rombongan dari ISI Jogjakarta didampingi oleh Rumail Abbas, Apeep Qimo dan Daniel Tangkilisan dari Komunitas Rumah Kartini . Tujuan pertama saat tiba di Jepara yakni ke Pendopo Kabupaten Jepara.Setibanya di pendopo,  rombongan diterima langsung oleh bupati Jepara Ahmad Marzuki bersama putranya yakni , M. Choirul Anam .

” Disana kami memberikan paparan tentang sejarah RA Kartini dimana dulunya dibesarkan di wilayah Pendopo, kemudian dilanjut ke salah satu tempat yang bersejarah di Jepara yakni Masjid dan Makam Mantingan ,” ungkap Rumail Abbas selaku staf peneliti komunitas Rumah Kartini .

Kunjungan dilanjutkan ke bangunan yang dibangun pada abad ke 16 yakni Fort Japara XVI yang berada di Ujungbatu Jepara . Disana kawan kawan Komunitas Rumah Kartini juga menceritakan sejarah tentang bangunan yang dibangun pada masa Belanda kala itu .

” Destinasi selanjutnya adalah ke sentra patung dan ukir Mulyoharjo , rombongan kami perlihatkan patung patung dan seni ukir dan dilanjutkan ke Pantai Bandengan untuk menggambar skets , ” jelasnya .

Penggagas Rumah Kartini Apeep Qimo menambahkan,destinasi terakhir tour wisata edukasi dari rombongan ISI Jogjakarta singgah ke basecamp Komunitas Rumah Kartini Japara yang berlokasi di Kelurahan Pengkol Kecamatan Jepara . Puluhan mahasiswa dan dosen ISI mendapatkan banyak penjelasan sejarah tentang Jepara dan RA Kartini . Untuk lebih detail mengenal sejarah Kartini dan Jepara rombongan diperlihatkan foto-foto koleksi komunitas Rumah kartini yang sudah didapatkan dari KITLV (Institut Kerajaan Belanda untuk Studi Bahasa, Antropologi dan Etnografi di Asia dan Karibia) serta koleksi foto foto dari koleksi keluarga Kartini. Selain itu Komunitas Rumah Kartini juga membicarakan agenda #SHFJAPARA untuk mereproduksi beberapa obyek peninggalan Kartini dan Jepara yang berhubungan dengan seni rupa.

” Kami sangat senang atas kunjungan dari rombongan ISI Jogjakarta datang ke Jepara , semoga sharing tentang sejarah maupun seni yang berkaitan dengan Jepara bisa bermanfaat bagi mahasiswa ,’  pungkas Apeep Qimo .

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

One comment

  1. karena jepara adalah kota ukir, jadi keahlian seni rupa murni yang dipelajari dalam wisata edukasi ini ya ukiran, ya? hehe. tapi untungnya diselipkan dengan kegiatan menggambar sketsa juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *