Home » News » Kapolda Jateng : Seluruh Pantura Akan Ditanami Sejuta Mangrove
Kapolda Jateng
Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, dan seluruh lapisan masyarakat melakukan penanaman pohon di Pantai Pungkruk, Jumat (21/02/2020).

Kapolda Jateng : Seluruh Pantura Akan Ditanami Sejuta Mangrove

JEPARA – Sebanyak 10 ribu pohon mangrove ditanam di sepanjang pantai Pungkruk Desa Mororejo Mlonggo, Jumat pagi (21/02/2020). Kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan Polda Jateng ini merupakan bagian keikutsertaan dalam menjaga kelestarian ekosistem di pesisir dan mencegah terjadinya abrasi.

Penanaman mangrove ini dihadiri dan dilakukan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, Pejabat Utama Polda Jawa Tengah, Plh Sekda Propinsi Jateng, Kapolres jajaran di wilayah eks Karesidenan Pati, Ketua Bawaslu Jawa Tengah, KPU Jateng dan sejumlah pihak lainnya. Ikut juga dalam kegiatan penanaman ini komunitas mobil, pelajar, mahasiswa dan warga masyarakat.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, selain dapat mencegah banjir dan abrasi, penanaman mangrove ini juga bisa membuat udara akan semakin sejuk dan tentu akan menjadi habitat yang baik untuk ikan-ikan. Jajaran Polda Jateng ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan cara melakukan penanaman satu juta pohon mangrove di sepanjang bibir pantai utara (Pantura) Jateng.

” Jepara merupakan lokasi kedua penanaman mangrove setelah sebelumnya kita lakukam di Demak. Bulan depan, kita rencanakan di Pati. Nanti di seluruh Pantura akan kita tanami, total ada sejuta mangrove akan kita tanam,” Ungkap Rycko.

Sesuai dengan taglinenya, go green Polda Jateng ‘Ayo Tanam pohon untuk masa depan generasi kita’, Rycko berharap seluruh lapisan masyarakat bersama-sama membantu untuk merawat dan memelihara pohon yang ditanam tersebut. “Ini untuk kepentingan kita semua. Untuk kepentingan anak cucu kita. Supaya pantai ini tetap terjaga. Masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari penanaman batang dan akar-akar pohon ini,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan terimakasih kepada bapak Kapolda Jawa Tengah dan jajarannya yang telah menjadikan Jepara menjadi salah satu tempat untuk penanaman pohon. ” Kami meyakini program ini akan memberikan manfaat kepada warga Jepara,” ungkapnya

Pihaknya berharap jika bakti sosial penanaman ini tidak hanya dilakukan secara seremonial saja, melainkan juga harus dilakukan perawatan agar mangrove yang ditanam bisa tumbuh dengan baik. “Insyallah kami semua yang ada di Jepara akan merawat mangrove yang sudah ditanam ini agar bisa tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat kepada kita semua,” pungkas Andi.

About JHI

Jepara Hari Ini • Kabar Berita Jepara Terkini Kota Jepara, Sarana informasi dan Kabar terupdate diJepara. Informasi tentang Politik, Olahraga, Pendidikan dan Wisata Kota Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com