Peneliti dan Penulis Dari Lima Universitas Ternama Indonesia Dilibatkan Dalam Pengusulan Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional

0
134
Ilustrasi lukisan Ratu Kalinyamat yang berada dikantor Setda Kabupaten Jepara
Ilustrasi lukisan Ratu Kalinyamat yang berada dikantor Setda Kabupaten Jepara

Jeparahariini.com – Setelah sebelumnya  menggelar beberapa kali seminar publik, dan menggali lebih jauh informasi tentang Ratu Kalinyamat dengan mendatangi makamnya di Desa Mantingan dan berdiskusi dengan pengelola makan dan masyarakat setempat, kini sejumlah penulis dan peneliti dari lima universitas ternama di Indonesia dilibatkan dalam penyempurnaan naskah akademik untuk pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan Nasional.

Penulis dan peneliti dari lima universitas yang terlibat itu diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

” Saat ini kami sedang menyempurnakan naskah akademik usulan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional bersama dengan penulis dan peneliti dari lima universitas besar di Indonesia,” ungkap Lestari Moerdijat selaku pembina Yayasan Dharma Bakti Lestarti dalam keterangan tertulisnya Senin (08/04).

Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat yang juga caleg DPR RI, Dapil 2 Jawa Tengah (Jepara, Kudus, dan Demak) menyebut, naskah akademik yang tengah disusun, merupakan dasar untuk melengkapi administrasi yang terdiri daftar riwayat hidup, uraian perjuangan, rekomendasi dari bupati/gubernur, dan biografi Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

” Selain itu, naskah akademik nantinya juga akan dilengkapi oleh pakar pertahanan dari Universitas Pertahanan dan Peneliti Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” terangnya.

Guna mendukung dan melengkapi naskah akademik dengan data-data faktual, ilmiah dan berbobot, Rerie menjelaskan, selama ini juga mendapatkan banyak data tambahan dari berbagai kalangan masyarakat Jepara.

” Rencananya, naskah akademik itu dalam waktu dekat juga akan dibahas secara terbuka pada publik lokal di Jepara serta publik dan pakar nasional di Jakarta,” pungkas Politikus Partai Nasdem itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here